Duta Besar RI Rabat Lakukan Kunjungan Kehormatan Kepada Kepala Pemerintahan Maroko

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

??Pada Selasa, 17 Februari 2015, Duta Besar RI Rabat, E.D. Syarief Syamsuri telah melakukan kunjungan kehormatan 

 
Pada kesempatan tersebut, telah dibicarakan berbagai aspek hubungan dan kerja sama RI-Maroko, dan upaya-upaya peningkatannya. Kepala Pemerintahan Maroko dan Dubes RI Rabat sependapat bahwa hubungan bilateral RI-Maroko telah berlangsung dengan sangat baik dan sangat dekat, namun peningkatan hubungan kedua negara perlu dilakukan, terutama di bidang ekonomi. Dubes RI Rabat menyampaikan bahwa penyelenggaraan Pertemuan ke-2 Sidang Komisi Bersama RI-Maroko sebagai salah satu upaya peningkatan hubungan dan kerja sama RI-Maroko saat ini sedang dicari waktu yang tepat untuk pelaksanaannya.
 
Dalam pertemuan, Dubes RI Rabat juga menginformasikan rencana penyelenggaraan rangkaian kegiatan dalam rangka Peringatan 60 tahun Konferensi Asia Afrika (KAA) pada 19-24 April 2015, termasuk kegiatan Asia-Africa Business Summit pada 21-22 April 2015. Kepala Pemerintahan Maroko menyampaikan bahwa pemerintah dan rakyat Maroko mendukung pelaksanaan rangkaian kegiatan Peringatan 60 tahun KAA, dan menyampaikan bahwa KAA merupakan momen penting bagi Maroko, karena melalui KAA di tahun 1955, Maroko mendapatkan momentum untuk meraih kemerdekaannya.
 
Sebagaimana dimaklumi, Indonesia mengundang pejuang kemerdekaan Maroko untuk berpartisipasi dalam Konferensi Asia Afrika pada tahun 1955. Maroko merdeka pada tahun 1956, dan Presiden Soekarno adalah Kepala Negara pertama yang melakukan kunjungan kenegaraan ke Maroko pada tahun 1960.
 
Rabat, 18 Februari 2015