Duta Besar E.D. Syarief Syamsuri Serahkan Surat-surat Kepercayaan Kepada Presiden Mauritania

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

??

Duta Besar RI untuk Kerajaan Maroko dan Republik Islam Mauritania, E.D. Syarief Syamsuri telah menyerahkan Surat Kepercayaan kepada Presiden Mauritania, Mohamed Ould Abdel Aziz di Nouakchott pada hari Selasa, 24 Februari 2015. Pada Upacara yang diadakan di Istana Kepresidenan Mauritania berlangsung dengan hikmat dan dalam suasana persaudaraan.
Pada pertemuan tête-à-tête, Dubes RI Rabat menyampaikan salam Presiden Joko Widodo kepada Presiden dan rakyat Mauritania. Presiden Mauritania Abdel Aziz menyambut salam yang dimaksud dan menyampaikan salam kembali kepada Presiden Joko Widodo dan rakyat Indonesia. Selanjutnya, Presiden Abdel Aziz menyampaikan harapan yang besar bahwa dengan keberadaan Duta Besar RI yang diakreditasikan untuk Mauritania, hubungan RI-Mauritania dapat menjadi lebih konkrit ke depannya. Secara khusus, Presiden Abdel Aziz menekankan kerjasama dalam bidang ekonomi dan perdagangan.
Penyerahan Surat-surat Kepercayaan Dubes Syamsuri menandai babak baru dalam hubungan Indonesia-Mauritania. Dubes Syamsuri merupakan Dubes RI pertama yang ditunjuk untuk Mauritania sebagai wilayah rangkapan dari Kedutaan Besar Republik Indonesia di Rabat, Maroko.
Kunjungan Dubes Syamsuri ke Mauritania juga dimanfaatkan untuk bertemu dengan Perdana Menteri, Menteri Luar Negeri dan Kerjasama, dan Menteri Pendidikan Tinggi dan Riset Ilmiah Mauritania. Dari berbagai pertemuan tersebut, kedua negara menyepakati bahwa hubungan people to people contact harus berjalan beriringan dengan penguatan hubungan Government to Government. Sebagai contoh, Mauritania mengharapkan adanya program pertukaran pengajar, mahasiswa atau bahkan pemberian beasiswa bagi pelajar Mauritania di bidang engineering, ilmu eksakta dan bahasa asing.