UN International Meeting on the Question of Palestine

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

?

Pemerintah Ekuador bekerjasama dengan Committee on the Exercise of the Inalienable Rights of the Palestinian People telah menyelenggarakan pertemuan United Nations International Meeting on the Question of Palestine di Quito tanggal 25-27 Maret 2014. Pertemuan diikuti oleh perwakilan dari 25 negara serta sejumlah perwakilan dari berbagai organisasi internasional dan masyarakat madani.
Pertemuan diselenggarakan untuk meningkatkan komitmen internasional terhadap proses penyelesaian konflik Palestina-Israel yang difasilitasi PBB. Secara umum perwakilan negara-negara peserta menyatakan dukungan terhadap “solusi dua negara” untuk tetap dikedepankan, terutama ditengah meningkatnya eskalasi konflik Palestina-Israel yang dipuncaki penembakan roket oleh kelompok Hamas ke wilayah Israel selatan menyusul serangan udara Israel ke daerah Gaza pada akhir bulan Maret ini.
Pertemuan diakhiri dengan kesepakatan negara-negara untuk terus memberikan dukungan terhadap pemenuhan hak-hak rakyat Palestina, serta perlunya keterlibatan komunitas masyarakat Arab dan Israel yang selama ini mampu hidup berdampingan di kawasan Maerika Selatan.