SINERGI 4 KEGIATAN PROMOSI PADA RESEPSI HUT KE-69 KEMERDEKAAN RI DI PYONGYANG

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

?Alunan biola, cello dan petikan gitar yang membawakan lagu-lagu pop Indonesia dengan beat yang jazzy dan dinamis turut menyemangati sekitar 130 orang undangan yang hadir pada acara Resepsi Diplomatik HUT Ke-69 Kemerdekaan RI di area lapangan tenis Wisma Duta KBRI Pyongyang. Persembahan musik  tersebut didahului dengan pemotongan tumpeng, sebagai simbol peringatan HUT RI, oleh Duta Besar RI didampingi Ibu Susi Nasri dan Guest of Honor, H.E. Mr. Ri Kil Song, Wakil Menteri Luar Negeri Korea Utara.


Kali ini KBRI Pyongyang melaksanakan outdoor reception dan meramu 4 jenis promosi sekaligus dalam 1 acara dengan tujuan untuk lebih memperkenalkan dan mempromosikan Indonesia di negara akreditasi. Promosi kuliner khas nusantara yang diberi tajuk Indonesian Culinary Bazaar, promosi 15 destinasi utama pariwisata Indonesia, promosi situs web pariwisata www.indonesia.travel, dan promosi lagu-lagu Indonesia yang dibawakan dengan baik oleh Yun I San Quartet Ensemble dari Korea Utara.


Alunan musik Indonesia dan tayangan video pariwisata secara bergantian menemani denting piring dan sendok-garpu dari antrian yang mengekor di sekitar 10 stalls makanan khas nusantara. Para undangan dengan antusias mencoba secara langsung cita rasa kuliner Indonesia seperti tumpeng komplit, sate ayam, somay dan soto bandung, gado-gado, nasi goreng komplit, dendeng dan teri balado, bola-bola daging pedas, tahu isi, kue lapis Surabaya, pastel dan risoles. Berbagai hidangan tersebut disiapkan oleh Dharma Wanita Persatuan dan ibu-ibu dari keluarga besar KBRI Pyongyang. Design stalls pada acara ini memberikan kesan kekhasan tradisonal Indonesia.


Penyelenggaraan resepsi diplomatik pada tanggal 18 Agustus 2014 ini merupakan acara terakhir dari rangkaian peringatan HUT Ke-69 Kemerdekaan RI di Korea Utara. Dalam kesempatan tersebut, disamping Wakil Menteri Luar Negeri sebagai Guest of Honor, Pemerintah Korea Utara juga mengutus, Mr. Ri Myong San, Wakil Menteri Hubungan Ekonomi Luar Negeri; Mr. Han Chol, Wakil Menteri Kebudayaan, Mr. So Ho Won, Wakil Ketua Komite Hubungan Kebudayaan Antar Bangsa / Ketua Asosiasi Persahabatan Korea Utara – Indonesia, kalangan pejabat dari Kementerian Luar Negeri, Kementerian Pertahanan, Kementerian Perhubungan Darat dan Laut, Partai Pekerja Korea, Komite Bunga Kimilsungia-Kimjongilia, Universitas Kim Il Sung, Kotapraja Pyongyang dan sebagainya.


Dalam sambutannya, Duta Besar RI, Nasri Gustaman antara lain menyampaikan tentang perkembangan demokrasi di Indonesia dan pelaksanaan pemilu yang belum lama ini berlangsung aman dan damai. Disamping itu, terkait hubungan bilateral Indonesia – Korea Utara yang telah berlangsung setengah abad, disampaikan bahwa tahun 2013 dan 2014 terdapat peningkatan kualitas hubungan kedua negara yang ditandai dengan terlaksananya berbagai kunjungan pejabat tinggi ke Korea Utara dan Indonesia. Namun demikian, terlepas dari tantangan yang menghadang di depan, kedua negara perlu terus berupaya merealisasikan berbagai bidang kerjasama seperti di bidang ekonomi, pendidikan, olahraga, dan investasi. Duta Besar juga menyinggung tentang peran ASEAN Regional Forum dalam pemeliharaan perdamaian, keamanan dan kerjasama di kawasan serta mendorong penyelesaian permasalahan regional secara damai melalui kerjasama dan dialog.


Sedangkan dalam sambutan balasannya, Wakil Menteri Ri menyampaikan ucapan selamat dari Pemerintah dan rakyat Korea Utara kepada Pemerintah dan rakyat Indonesia atas peringatan Ulang Tahun ke-69 Kemerdekaan Indonesia seraya memuji kemampuan Indonesia dalam mempertahankan persatuan dan kesatuan, kedaulatan, stabilitas politik, meningkatkan pembangunan eknonomi dan kesejahteraan rakyatnya. Hubungan bilateral kedua negara dikatakannya berkembang dan optimis bahwa pemerintah kedua negara akan terus melakukan berbagai upaya untuk mendorong peningkatan hubungan dan kerjasama diberbagai bidang berdasarkan prinsip-prinsip kebebasan, perdamaian dan persahabatan.


Pyongyang, 19 Agustus 2014