Pelabuhan NAMPHO: Kedatangan Bantuan Indonesia untuk RDR Korea

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pada 11 Oktober 2012, Duta Besar RI Pyongyang Nasri Gustaman melakukan kunjungan ke Pelabuhan Nampho di luar kota Pyongyang untuk menyambut kedatangan dan menyaksikan pembukaan peti-kemas dan serah-terima bantuan pangan Indonesia untuk RDR Korea. Upacara tersebut diselenggarakan dan dihadiri oleh Representative WFP Claudia von Roehl dan Pemerintah Korea Utara yang dalam hal ini diwakili oleh para pejabat dari Nampho City People’s Committee.

 

Bantuan Indonesia senilai 2 juta US$ itu diwujudkan dalam bentuk 1.465 ton minyak kelapa sawit (palmolein oil) yang akan digunakan sebagai pasokan bahan makanan campuran yang diperkaya dengan vitamin dan mineral untuk kemudian didistribusikan langsung kepada rakyat Korea, khususnya kalangan yang paling rentan, seperti ibu-ibu menyusui dan anak-anak di RDR Korea.

 

“Saya sangat senang melihat kedatangan pasokan bahan pangan di negara di mana bahan pangan itu dibutuhkan secara mendesak” demikian disampaikan oleh Duta Besar Nasri di Nampho. Duta Besar Nasri juga menyaksikan pemindahan bahan pangan tersebut dari dermaga peti-kemas ke gudang pelabuhan. Kepada Duta Besar Indonesia, Direktur WFP Korea Utara Roehl menjelaskan tentang bagaimana WFP menangani proses distribusi sampai ke tempat tujuan akhir.

 

Pyongyang, 11 Oktober 2012