MUSIK KERONCONG DISAMBUT MERIAH DALAM FESTIVAL SENI MUSIM SEMI KE-29 DI PYONGYANG

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

?Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI menugaskan Dwiki Darmawan Ethnic Ensemble dan soloist Putri Intan Permatasari Sukoco untuk mewakili Indonesia dalam acara budaya dua tahunan “29th April Spring Friendship Art Festival” (ASFAF) yang dibuka secara resmi pada tanggal 11 April 2014 di East Pyongyang Grand Theatre. Pada acara pembukaan hadir Kim Ki Nam, Sekretaris Komite Sentral Partai Buruh Korea; Yang Hyong Sop, Wakil Presiden Presidium Majelis Tertinggi Rakyat Korea Utara; Han Chol, Wakil Menteri Kebudayaan; kalangan pejabat terkait; para ketua delegasi dari berbagai negara sahabat; kalangan Kepala Perwakilan diplomatik dan badan-badan internasional, seluruh artis dan officials peserta festival dan undangan lainnya.

 

Dalam pertunjukan perdana di Pyongyang Grand People Theatre pada tanggal 12 April 2014 dan penampilan kedua pada tanggal 13 April 2014, tim kesenian Indonesia tampil secara prima membawakan lagu keroncong Gambang Semarang, lagu Korea Let’s Study dan midley lagu-lagu daerah dengan aransemen musik yang menggabungkan genre musik keroncong, etnik dan modern. Penampilan tersebut mendapat sambutan yang meriah dari seluruh hadirin.

 

Delegasi seni Indonesia diketuai oleh Hari Untoro Dradjat, Staf Ahli Menteri Bidang Perlindungan Keanekaragaman Karya Kreatif, Kemenparekraf RI dan ethnic ensemble yang terdiri dari 10 musisi dipimpin oleh Muhammad Rudiana. Tim akan mengikuti seluruh kegiatan sejak tanggal 11 – 17 April 2014. Tim tampil 3 kali termasuk pada acara peringatan HUT kelahiran Kim Il Sung ke-102 pada tanggal 15 April 2014 dengan membawakan lagu keroncong Bengawan Solo ciptaan Gesang.

 

ASFAF Ke-29 ini diikuti oleh 21 negara antara lain: Belarusia, Indonesia, Swiss, Cina, Malaysia, Vietnam, Rusia, Kuba, Austria , Bulgaria, Perancis, Mongolia, Finlandia, Ukraina, Polandia, Italia, Jerman, Mesir, Thailand dan sebagainya.