KBRI Pyongyang Jembatani Kerjasama Univ. Indonesia dan Univ. Kim Il Sung

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

KBRI Pyongyang menjembatani dijalinnya kerjasama antara Univ. Indonesian dan Univ. Kim Il Sung sebagai bagian dari upaya meningkatkan kerjasama bilateral dibidang pendidikan tinggi dan people-to-people contact antara Indonesia dan Korea Utara. Diharapkan langkah positif ini dapat mendorong keterbukaan yang lebih besar dari pihak Korea Utara melalui kerjasama antar perguruan tinggi dengan Indonesia.

Pada 18 Maret 2015 di Univ. Indonesia, Depok telah ditandatangani Agreement on Education and Scientific Exchange and Cooperation between the Universitas Indonesia, the Republic of Indonesia and the Kim Il Sung University, the DPR of Korea. Penandatanganan persetujuan tersebut menandai dijalinnya kerjasama antara kedua perguruan tinggi untuk 5 tahun kedepan dalam bidang riset bersama dan pertukaran studi, pelaksanaan simposium/konferensi/workshop/pelatihan, pertukaran materi pendidikan dan buku, pertukaran pengajar, eksekutif, dan hasil riset antara kedua universitas.
 
Diharapkan melalui kerjasama ini, pihak Korea Utara dapat lebih mengenal Indonesia di segala aspek dan disisi lain pihak Indonesia dapat memperkaya pemahaman tentang Korea Utara, sastra, nilai-nilai budaya, sistem sosial dan politik sehingga memiliki pemahaman yang menyeluruh dan utuh tentang bangsa Korea. Bersama-sama kedua pihak dapat saling menggali informasi tentang potensi dan keunggulan masing-masing perguruan tinggi dan mengenali tantangan yang dihadapi dan fokus mendorong realisasi kerjasama yang aplikatif sehingga rakyat kedua negara dapat mengambil manfaat dari kerjasama dimaksud.

Dirangkaikan dengan acara penandatanganan perjanjian, tiga kegiatan dalam kerangka visiting scholars dari Univ. Kim Il Sung bertempat di Fakultas Ilmu Budaya – Program Studi Bahasa dan Kebudayaan Korea, Univ. Indonesia berupa 2 kegiatan guest lecture dengan topik kebudayaan dan bahasa Korea Utara pada 17 Maret 2015 dan workshop  pengajaran bahasa Korea Utara pada 18 Maret 2015.