INDONESIA RAIH PENGHARGAAN PADA FESTIVAL BUNGA KIMILSUNGIA KE-17

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Festival Bunga Kimilsungia ke-17 berlangsung di Pyongyang pada 13 – 20 April 2015. Festival tersebut diramaikan oleh 80 stan yang menampilkan rangkaian lebih dari 24 ribu pot bunga Kimilsungia yang dipadupadankan dengan aneka bunga cantik lainnya.

 

Festival tersebut ditutup pada 20 April 2015 dengan suatu upacara yang dilaksanakan di tengah area pameran dan dihadiri oleh Wakil Presiden Presidium Yang Hyong Sop, Anggota Politbiro Presidium/Sekretaris Komite Sentral WPK Choe Ryong Hae, Wakil Perdana Menteri Kim Yong Jin, Ketua Komite Kimilsungia-Kimjongilia Kim Chang Do, Wakil Ketua Asosiasi Korea di Jepang Nam Sung U, Kuasa Usaha Ad Interim dan staf KBRI Pyongyang, serta undangan lain yang terdiri atas perwakilan Tentara Rakyat Korea, pejabat  kementerian/lembaga/instansi, mahasiswa dan pelajar pilihan, perwakilan peserta dari dalam dan luar negeri.

 

?Dalam pidato penutupan, Wakil Perdana Menteri Kim Yong Jin selaku Ketua Panitia Festival Kimilsungia ke-17 menyampaikan penghargaan yang tinggi atas perhatian yang begitu besar dan ketulusan dari seluruh pihak, baik dari dalam maupun luar negeri, dan keikutsertaan mereka pada Festival ini dengan menampilkan karya tampilan yang luar biasa. Ditambahkan pula bahwa tidak hanya rakyat Korea yang merasakan kegembiraan dalam merayakan 50 Tahun Penamaan Bunga Kimilsungia dan Ulang Tahun Kelahiran Pemimpin Besar Kim Il Sung, namun kegembiraan juga dirasakan oleh seluruh dunia yang merayakan hari besar ini. 

 

Pada akhir acara dilakukan pengumuman pemenang dan penyerahan sertifikat penghargaan untuk beberapa kategori, yaitu stan instansi pemerintah terbaik, stan dengan desain penampilan terbaik, stan peserta asing terbaik, stan perorangan terbaik, instansi pembudidaya Kimilsungia terbaik, serta kampus dan sekolah pembudidaya Kimilsungia terbaik.

 

Pengumuman para pemenang dibacakan langsung oleh Wakil Presiden Presidium Yang Hyong Sop. Stan Indonesia berhasil memperoleh Penghargaan  Terbaik II untuk kategori stan peserta asing dan sertifikat penghargaan diserahkan oleh Wakil Presiden Presidium Yang Hyong Sop kepada KUAI KBRI Pyongyang, Bambang Purwanto.

 

Dalam Festival Bunga Kimilsungia ke-17 ini, KBRI Pyongyang menampilkan stan bunga dengan latar belakang foto pintu gerbang Kebun Raya Bogor yang dipercantik dengan payung Bali di kanan dan kirinya. Foto bersejarah saat Presiden Soekarno memberikan bunga Kimilsungia kepada Presiden Kim Il Sung di Kebun Raya Bogor pada 13 April 1965 dipasang di antara pintu gerbang dan menjadi ikon stan Indonesia. Sementara itu, Peringatan 50 Tahun Penamaan Bunga Kimilsungia dilambangkan dengan angka 50 berwarna putih dengan dasar warna merah dan biru yang merupakan kombinasi warna bendera Indonesia dan Korea Utara serta rangkaian bunga Kimilsungia yang ditata apik dan harmonis berjumlah 70 tangkai menggambarkan HUT ke-70 Kemerdekaan RI dan HUT ke-70 Pembebasan Korea dari penjajahan.

 

Pyongyang, 22 April 2015