Duta Besar RI untuk Republik Demokratik Rakyat Korea Serahkan Surat Kepercayaan

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

?Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik Demokratik Rakyat Korea (RDRK), Bambang Hiendrasto telah menyerahkan surat kepercayaan kepada Presiden Presidium Majelis Tertinggi Rakyat RDRK, Kim Yong Nam dalam upacara di Gedung Majelis Tertinggi Rakyat RDRK, Pyongyang (15/01). Setelah upacara penyerahan surat kepercayaan, Duta Besar RI melakukan audiensi dengan Presiden Presidium.

Mengawali audiensi, Presiden Presidium antara lain menyampaikan salam hangat kepada Presiden Joko Widodo dan rakyat Indonesia. Duta Besar RI juga menyampaikan salam sejahtera dari Presiden Joko Widodo kepada Presiden Presidium dan harapan bagi kemakmuran rakyat RDRK. Selain itu, Duta Besar RI menyampaikan terima kasih kepada Presiden Presidium atas ucapan simpati dan duka cita yang mendalam sehubungan dengan kecelakaan pesawat Air Asia di Indonesia baru-baru ini.

Selanjutnya Presiden Presidium dan Duta Besar RI membahas secara singkat perkembangan hubungan bilateral Indonesia dan RDRK yang telah terjalin erat selama lebih dari 50 tahun, yang dirintis oleh Presiden Soekarno dan Presiden Kim Il Sung. Menurut Presiden Presidium, Indonesia adalah negara yang sangat dekat, bersahabat dan penting bagi RDRK. Presiden Presidium menambahkan, penugasan Duta Besar RI ini adalah di tahun yang istimewa bagi RDRK karena pada tahun 2015 ini RDRK akan merayakan 70 tahun berdirinya RDRK dan 70 tahun berdirinya Partai Pekerja Korea serta 50 tahun Bunga Kimilsungia yang merupakan simbol persahabatan Indonesia dan RDRK.

Presiden Presidium berkeyakinan bahwa Duta Besar RI akan dapat melaksanakan tugas dan misinya dengan baik di RDRK dan hubungan bilateral kedua negara akan semakin erat dan meningkat. Untuk itu, Presiden Presidium memberikan kepercayaan dan dukungan penuh bagi pelaksanaan tugas Duta Besar RI.

Duta Besar RI mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dan dukungan yang diberikan oleh Presiden Presidium dan berkomitmen untuk meningkatkan hubungan bilateral kedua negara di berbagai bidang kerjasama, dan untuk itu mengharapkan dukungan serta kerjasama dari  pemangku kepentingan terkait  di kedua negara.

Pada kesempatan itu, Duta Besar RI menyampaikan informasi bahwa Indonesia akan menyelenggarakan acara Peringatan 60 Tahun Konferensi Asia-Afrika (KAA) di Jakarta dan Bandung pada 18–24 April 2015. Undangan resmi dari Presiden RI kepada Presiden Presidium akan disampaikan kemudian dan Duta Besar RI mengharapkan Presiden Presidium berkenan menghadiri acara Peringatan KAA tersebut.

Upacara penyerahan surat kepercayaan dan audiensi yang diikuti oleh para pejabat Majelis Tertinggi Rakyat dan Kementerian Luar Negeri RDRK serta pejabat KBRI Pyongyang tersebut berlangsung tertib dan lancar.