Diplomasi Kesenian Indonesia pada the 28th April Spring Friendship Art Festival (ASFAF) Pyongyang, Korea Utara, 11-19 April 2012

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Delegasi Kesenian Indonesia turut meramaikan penyelenggaraan the 28th April Spring Friendship Art Festival (ASFAF). Festival kesenian dua tahunan yang berlangsung di Pyongyang, Korea Utara pada 11-19 April 2012, diselenggarakan secara besar-besaran dan lebih istimewa karena bertepatan dengan peringatan satu abad  kelahiran Presiden Kim Il Sung pada 15 April 2012.
 
Tahun ini, Delegasi Indonesia dipimpin oleh Inspektur Jenderal Kementeran Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, I Gusti Putu Laksaguna dan menyertakan kelompok kesenian Surya Vocalia beranggotakan 7 artis. Dalam acara pembukaan 28th ASFAF pada 11 April 2012 di East Pyongyang Grand Theatre, dibacakan juga salam persahabatan dari Indonesia di hadapan peserta Festival yang terdiri dari 55 delegasi dari 24 negara yang memenuhi gedung pertunjukan.
 
Selama berlangsungnya festival, Indonesia melalui penampilan grup Surya Vocalia membawakan beberapa lagu daerah Indonesia seperti Sing Sing So dan Sik Sik Batu Manikam, serta lagu tradisional Korea, Arirang dan Late Night in Pyongyang, menggunakan komposisi musik khas Indonesia melalui iringan orkestra Korea, State Symphony Orchestra.
 
Pyongyang, 11 April 2012