Alusiau Bertemu dengan Arirang di Pyongyang

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

“Alusiau” adalah nama sebuah lagu Indonesia dan demikian juga “Arirang” sebuah nama lagu Korea. Keduanya saling dipertemukan saat dinyanyikan oleh tim penyanyi Kedutaan Besar RI Pyongyang pada resepsi diplomatik yang diselenggarakan pada Jum’at, 17 Agustus 2012 oleh Kedutaan Besar RI di Pyongyang untuk memperingati Hari Ulang Tahun ke-67 Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Setiap judul yang dinyanyikan telah mengundang tepuk tangan meriah dari para hadirin yang memenuhi ruang resepsi Pyongyang. Melebihi elemen hiburan yang terasa dari penampilan tim penyanyi demikian, pertemuan lagu-lagu rakyat itu telah memberikan sentuhan budaya ke arah peningkatan hubungan antara rakyat kedua negara.

 

Resepsi tersebut dinaungi oleh kehadiran Menteri Luar Negeri Pak Ui Chun sebagai tamu kehormatan di tengah-tengah para hadirin yang terdiri dari para pejabat kementerian / komite / asosiasi pemerintah, partai dan militer. Selain itu, turut hadir pula para Duta Besar, Kuasa Usaha Sementara, staf anggota misi diplomatik dan perwakilan organisasi internasional terakreditasi di Pyongyang, serta kantor-kantor organisasi non-pemerintah dan para undangan lainnya.

 

Duta Besar RI Nasri Gustaman menyampaikan pidatonya yang menggarisbawahi kemajuan-kemajuan yang dicapai dalam bidang politik, ekonomi dan posisi internasional Indonesia, hubungan bilateral dengan Korea Utara dan mengenai Indonesia dalam ASEAN di Pyongyang. Pidato Menteri Luar Negeri Korea Utara disampaikan oleh Wakil Menteri Luar Negeri Kung Sok Ung. Kedua pidato Duta Besar Nasri Gustaman dan pidato Menteri Luar Negeri Pak Ui Chun yang disampaikan oleh Wakil Menteri Kung Sok Ung ada tersedia di halaman “Pidato” pada situs ini.

 

Pyongyang, 17 Agustus 2012