Indonesia dan Korea Utara Melakukan Pembicaraan Bilateral Tingkat Menteri tentang Kepemudaan dan Olahraga di Pyongyang

10/8/2012

 

Menteri Negara Pemuda dan Olahraga Indonesia Andi A. Mallarangeng melakukan pertemuan dengan mitra kerjanya, yaitu Menteri Olahraga Korea Pak Myong Chol di Pyongyang pada tanggal 27 September 2012. Pertemuan itu merupakan bagian dari program kunjungan kerja Delegasi Kementerian Negara Pemuda dan Olahraga yang dipimpin oleh Menteri Negara Mallarangeng ke Pyongyang pada 26 – 29 September 2012. Kunjungan tersebut merupakan tindak lanjut dari pembicaraan bilateral antara Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Presiden Kim Yong Nam di Jakarta pada tanggal 15 Mei 2012 di dalam pertemuan mana kedua pemimpin itu membicarakan tentang berbagai kemungkinan untuk meningkatkan lebih lanjut hubungan bilateral, termasuk saling kunjung antar pejabat kedua negara.

 

Di Pyongyang, pertemuan tingkat Menteri yang merupakan kelanjutan dari pertemuan tingkat Pejabat Tinggi sebelumnya antara Kementerian Pemuda dan Olahraga Indonesia dan Kementerian Olahraga Korea menghasilkan komitmen yang jelas kedua belah pihak untuk meningkatkan kerjasama bilateral tentang kepemudaan dan olahraga.

 

Selama kunjungannya di Pyongyang, Menteri Negara Mallarangeng juga bertemu dengan Ketua Kim Il Sung Socialist Youth League Jon Yong Nam dan melakukan pertemuan kehormatan dengan Wakil Presiden Yang Hyong Sop. Menteri Negara Mallarangeng juga mengunjungi berbagai lokasi dan menyaksikan para pemuda dan atlit Korea melakukan latihan-latihan.

 

Delegasi Indonesia itu meninggalkan Pyongyang pada hari Sabtu, 29 September 2012.

 

Pyongyang, Oktober 2012