Pemutaran Film Dokumenter dalam rangka Peringatan 50 Tahun Kunjungan Presiden Kim Il Sung ke Indonesia

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

?Dalam rangka peringatan 50 tahun kunjungan Presiden Kim Il Sung ke Indonesia, KBRI Pyongyang bekerja sama dengan Committee for Cultural Relations with Foreign Countries (CCRFC), Korea Utara dan Korea-Indonesia Friendship Association telah menyelenggarakan pemutaran film dokumenter mengenai catatan sejarah hubungan luar negeri Korea Utara pada masa Presiden Kim Il Sung periode 1949–1969 di Taedongmun Movie Theatre, Pyongyang,  7 April 2015. Film tersebut menceritakan  kunjungan kenegaraan Presiden Kim Il Sung ke luar negeri (Asia Tenggara, RRT, Uni Soviet dan Eropa Timur) dan penerimaan kunjungan kenegaraan dari kepala negara/pemerintahan, kunjungan tokoh terkemuka dan pemimpin partai dari negara-negara sahabat Korea Utara.

Di dalam film yang berdurasi sekitar 60 menit tersebut terdapat cukilan sejarah hubungan bilateral Indonesia–Korea Utara periode tahun 1964–1965, yaitu kunjungan kenegaraan Presiden Soekarno ke Korea Utara pada bulan November 1964 dan kunjungan kenegaraan Presiden Kim Il Sung, yang didampingi oleh putranya Kim Jong Il, ke Indonesia pada bulan April 1965 dalam rangka hubungan bilateral dan menghadiri Peringatan 10 Tahun Konferensi Asia Afrika. Kunjungan Presiden Kim Il Sung ke Kebun Raya Bogor pada 13 April 1965 juga ada dalam film tersebut. Pada kesempatan tersebut Presiden Soekarno memberikan bunga anggrek hibrida jenis Dendrobium berwarna ungu kepada Presiden Kim Il Sung sebagai hadiah ulang tahun beliau. Presiden Soekarno memberi nama bunga tersebut Kimilsungia yang kemudian menjadi bunga negara dan dibudidayakan secara nasional di Korea Utara. Disamping itu, dalam kunjungan ke Jakarta terdapat momen upacara penganugerahan gelar Doktor Honoris Causa bidang teknologi dari Universitas Indonesia kepada Presiden Kim Il Sung di Istana Negara. 

Acara pemutaran film tersebut dihadiri oleh Mrs. Kim Jong Suk, Ketua CCRFC/Anggota Majelis Tertinggi Rakyat; para pejabat Kemlu dan Kotapraja Pyongyang; seluruh staf KBRI Pyongyang; korps diplomatik  dan sekitar 400 warga kota Pyongyang.

Dalam sambutan pembukaan, Mr. So Ho Won,  Ketua Asosiasi Persahabatan Korea–Indonesia/Wakil Ketua CCRFC urusan Asia Pasifik, menyampaikan bahwa melalui pemutaran film tersebut dapat dilihat kembali prestasi Pemimpin Besar Korea Kim Il Sung dalam mendorong terwujudnya kemerdekaan global dan perdamaian dunia. Kunjungan beliau ke Indonesia adalah salah satu peristiwa penting dalam sejarah politik dunia, kunjungan yang meletakkan dasar bagi persahabatan antara Korea dan Indonesia, memperkuat ikatan persahabatan antara rakyat kedua bangsa yang anti penjajahan.

Duta Besar RI untuk Korea Utara, Bambang Hiendrasto, dalam sambutannya antara lain menyatakan bahwa kunjungan Presiden Kim Il Sung dan Kim Jong Il ke Indonesia sangat bersejarah dan memiliki arti khusus bagi Indonesia dan Korea Utara. Saling kunjung antara pemimpin Indonesia dan Korea Utara menjadi landasan kokoh bagi hubungan bilateral kedua negara. Dubes RI juga mengatakan bahwa melalui film tersebut kita bisa mengetahui lebih jauh mengenai sejarah pemimpin besar Korea Utara, antara lain kedekatan hubungan Presiden Kim Il Sung dengan para pemimpin negara lain, termasuk Indonesia. Dubes RI dalam akhir sambutannya mengharapkan peningkatan interaksi antara Indonesia dan Korea Utara pada tahun-tahun mendatang.

Pyongyang,10 April 2015.