Kunjungan Permanent Representative Ad – Interim PTRI ASEAN ke ERIA

​Pada hari Senin tanggal 25 September 2017 Pelaksana Tugas (Plt) Wakil Tetap RI (Watapri) untuk ASEAN, Duta Besar Chilman Arisman telah melakukan pertemuan dengan Executive-Director ERIA, Prof Hidetoshi Nishimura, bertempat di kantor ERIA di Jakarta.

Dalam pertemuan tersebut selain kunjungan perkenalan, Duta Besar Chilman Arisman juga bermaksud ingin mengetahui lebih lanjut tentang rencana ERIA untuk memperingati HUT ASEAN ke-50, sebagaimana disampaikan Prof Nishimura dalam kesempatan terpisah.

Prof Nishimura menyambut baik perhatian dari Plt. Watap RI terhadap rencana Seminar dalam rangka peringatan HUT ASEAN ke-50 oleh ERIA tersebut. Menurut Prof Nishimura, tingkatan seminar tersebut telah dinaikkan menjadi High Level Forum on ASEAN@50, dimana beberapa mantan kepala negara/menteri ASEAN akan hadir di Manila pada 19 Oktober 2017.

Para mantan kepala negara/menteri ASEAN yang diperkirakan hadir antara lain adalah mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), mantan Presiden Fidel Ramos, mantan PM Abhisit Vejjajiva, mantan Mendag Mari Pangestu dan mantan Sekjen ASEAN Surin Pitsuwan. Keynote speech akan disampaikan oleh Presiden Rodrigo Duterte. Saat penutupan, ERIA akan meluncurkan secara resmi 5 (lima) buku terbitan barunya dalam rangka memperingati HUT ASEAN ke-50.

Melalui High Level Forum ini, ERIA siap membantu ASEAN dan Indonesia agar mampu berada dalam global value chain dari global production network dunia. Dikemukakan bahwa dalam industrialisasi gelombang ke-4 (digital economy) akan ditandai dengan artificial intelligence, robotics, big data and clean energy, dan kemampuan teknologi untuk mengubah cara-cara produksi dan distribusi. Dikemukakan pula bahwa dalam era Industry 4.0 kini, ekonomi ASEAN harus mampu untuk peka dan inovatif agar tidak keluar dari global value chain dari global production network. Dalam hal ini ERIA siap membantu ASEAN dan Indonesia untuk mengasah kepekaan dan inovasi tersebut dengan menyumbang pikiran, SDM dan bantuan lainnya bagi integrasi politik, ekonomi, sosial-budaya Masyarakat ASEAN. Terintegrasinya ASEAN merupakan modal politik, modal ekonomi dan modal sosial bagi ASEAN dan Indonesia untuk menjadi responsible global player yang diakui masyarakat internasional.   

Pada akhir pertemuan, Prof Nishimura memberikan 5 (lima) buku yang akan diluncurkan di Manila kepada Plt. Watap RI, dan sekaligus mengundang Plt Watap RI untuk hadir di acara High Level Forum tersebut. Untuk itu Plt. Watap mengucapkan terima kasih, dan apabila tidak ada acara yang mendesak, Plt Watap RI berjanji untuk hadir di Manila pada 19 Oktober 2017.