Watapri ASEAN : Kemitraan ASEAN-Russia akan fokus pada Connectivity dan Youth

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

 
Untuk meningkatkan kerjasama kemitraan antara ASEAN dan Russia, pemerintah Russia menyampaikan komitmennya untuk melaksanakan berbagai kegiatan untuk mendukung implementasi Cetak Biru Konektivitas ASEAN serta meningkatkan interaksi antara masyarakat melalui kegiatan seperti penyelenggaraan ASEAN-Russia Youth and Student Summit. Wakil Tetap RI untuk ASEAN, Dubes Ngurah Swajaya menjelaskan mengenai hasil-hasil pertemuan ke-11 ASEAN-Russia Joint Cooperation Committee (ARJCC) yang telah dilaksanakan di Sekretariat ASEAN, Jakarta pada 21 Maret 2013. Pertemuan yang dihadiri 10 Wakil Tetap negara-negara anggota ASEAN dan Duta Besar Russia untuk ASEAN, Dubes Mikhail Galluzin serta Utusan Khusus pemerintah Russia untuk ASEAN, Dubes Alexander Ivanov, antara lain, telah memfinalisasi pelaksanaan Youth Summit yang akan diselenggarakan di Moskow, Russia tanggal 13-14 Mei 2013.
 
Pertemuan juga telah membahas perkembangan terkini di ASEAN dan Russia, kerjasama ASEAN dan Russia dalam bidang-bidang seperti penanggulangan terorisme, perdagangan manusia, dan narkoba serta langkah-langkah untuk meningkatkan kerjasama bidang perdagangan dan investasi, termasuk pelaksanaan Bisnis Forum antara ASEAN dan Russia. Kerjasama bidang kebudayaan serta penanggulangan bencana juga akan lebih ditingkatkan melalui berbagai inisiatif seperti pelatihan bahasa Russia untuk operator pariwisata ASEAN, penguatan ASEAN Humanitarian Centre di Jakarta serta berbagai bentuk kegiatan lainnya.
 
Pada tahun 2013 rencananya akan dilaksanakan beberapa kegiatan besar seperti ASEAN-Russia Youth Summit pada bulan Mei 2013, ASEAN-Russia Roundtable for Air Connectivity Cooperation, ASEAN-Russia Business Forum dan ASEAN-Russia Music Festival. Pertemuan juga sepakati bahwa potensi kerjasama ekonomi ASEAN-Russia masih belum dimanfaatkan secara optimal dan oleh karenanya, disepakati upaya-upaya meningkatkan kerjasama dimaksud.
 
Dubes Ngurah Swajaya menyampaikan bahwa Pusat ASEAN-Russia yang terdapat di Institute of International Relations (MGIMO University) telah melakukan berbagai kegiatan penting untuk meningkatkan pemahaman masyarakat Russia mengenai ASEAN. Terkait hal ini, pertemuan JCC telah menyetujui penunjukan kembali Prof. Dr. Victor Sumsky sebagai Direktur Pusat tersebut untuk periode 2013-2016.
 
Kerjasama mitra wicara ASEAN-Russia telah dilaksanakan sejak 1996, Konperensi Tingkat Tinggi ke-2 ASEAN-Russia pada tingkat Kepala Negara/Pemerintahan diselenggarakan tahun 2010 di Ha Noi, Vietnam dan Russia merupakan anggota ASEAN Regional Forum (ARF), ASEAN Defense Ministerial Meeting Plus (ADMM Plus) dan East Asia Summit (EAS). Dalam bidang perdagangan, Russia merupakan mitra terbesar perdagangan ke-8 (US$ 13 milyar, 2011), dan investasi ke-9 (US$ 225 juta, 2009-2011) dari 10 Mitra Wicara ASEAN.