Tantangan Awal Bagi Pemerintahan Zuma

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Jacob Zuma, Presiden baru Afsel, telah dihadapkan dengan beberapa tantangan di awal pemerintahannya, yang dituntut untuk dapat segera melakukan pembenahan dengan baik dalam rangka mewujudkan berbagai janji kampanye Zuma. Kendala awal yang timbul ialah adanya kebingungan dan kekhawatiran dalam jajaran pejabat pemerintah menyusul adanya beberapa perubahan struktur pemerintahan.

 

Hal tersebut terutama terjadi pada beberapa departemen yang dipisah menjadi dua departemen/kementerian baru. Keresahan di antara pegawai pemerintah tersebut terutama terjadi dalam Departemen Komunikasi dan Informasi, menyusul adanya rencana Zuma untuk melakukan kajian menyeluruh terhadap kinerja departemen tersebut. Zuma dikabarkan sangat tidak puas dengan kinerja yang diperlihatkan Departemen Komunikasi dan Informasi dalam 15 tahun terakhir.

 

Zuma juga dikabarkan merencanakan akan melakukan restrukturisasi besar-besaran terhadap Kantor Kepresidenan. Collins Chabane, Menteri dalam Kantor Kepresidenan, menyerukan agar permasalahan tersebut tidak dibesar-besarkan. Menurut Chabane, ada beberapa tahapan yang akan dijalankan terkait dengan restrukturisasi kabinet tersebut. Chabane juga menjelaskan bahwa telah dibentuk tim khusus yang bertugas mengawasi jalannya masa transisi restrukturisasi kabinet.