Perayaan Idul Fitri di Afrika Selatan Mundur 1 Hari

Idul Fitri merupakan hari yang sangat ditunggu bagi warga muslim di seluruh dunia. Indonesia yang berada di belahan Timur bumi merayakan hari fitri ini pada hari Jumat (17/07). Berbeda dengan Indonesia, perayaan hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1436 Hijriah di Afrika Selatan dilaksanakan pada hari Sabtu (18/07). Walaupun perayaan Idul Fitri di Afrika Selatan mundur satu hari, hal ini tidak mengurangi kehidmatan dan kesuka citaan warga Indonesia di Afrika Selatan. Perayaan ini juga merupakan puncak dari acara buka puasa bersama yang diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Pretoria, Afrika Selatan, setiap hari Jumat dan Sabtu selama pelaksanaan bulan suci Ramadhan.


Shalat Ied yang diikuti oleh warga Indonesia di Afrika Selatan bertempat di halaman Wisma Duta Besar RI Pretoria. Kegiatan dimulai pada pukul 08:27 sampai dengan 09:00 waktu setempat. Diawali dengan takbir bersama oleh seluruh masyarakat Indonesia dengan imam dan khatib dibawakan oleh para pelajar Pesantren Darul Uloom.


Pelaksanaan shalat ied dan halal bihalal ini pun ditujukan untuk lebih mempererat tali silahturahmi yang telah ada dan juga untuk lebih menciptakan rasa kebersamaan seluruh masyarakat Indonesia yang berdomisili baik yang berada di Pretoria maupun di Johannesburg dan sekitarnya.

 

Peringatan hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1436 Hijriah di halaman Wisma Duta Besar RI Pretoria tersebut ditutup dengan acara silaturahmi antar semua warga Indonesia di Pretoria dan sekitarnya yang terdiri dari Duta Besar dan Istri, para home staff dan pegawai setempat beserta Istri, beserta seluruh masyarakat Indonesia beserta keluarganya. Perayaan Idul Fitri yang dilaksanakan di Afrika Selatan ini tetap bernuansa perayaan Idul Fitri di Indonesia dimana seluruh masyarakat yang hadir saling mengucapkan permohonan maaf lahir dan batin.

 

KBRI Pretoria​