Penunjukan Beberapa Dubes Afrika Selatan Dari Kalangan Partai Oposisi

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Dari beberapa tokoh afrika selatan yang baru-baru ini ditunjuk oleh pemerintah afrika selatan sebagai duta besar, empat diantaranya adalah mantan pimpinan partai oposisi Democratic Alliance (DA), yakni Tony Leon, mantan pemimpin DA, Sandra Botha, mantan pimpinan DA di parlemen, Douglas Gibson, mantan pimpinan pendisiplinan anggota DA di parlemen dan Sheila Camerer, mantan juru bicara da untuk masalah-masalah hukum. Tony leon ditunjuk sebagai dubes di Argentina, Sandra Botha dubes di Ceko, Douglas Gibson dubes di Thailand dan Sheila Camerer dubes di Bulgaria.
 
Diterimanya tawaran jabatan dubes oleh ke-empat tokoh pimpinan DA tersebut telah menimbulkan spekulasi mengenai apakah ini merupakan langkah awal yang mengarah ke co-option oleh pemerintah terhadap partai da. Atas spekulasi ini, Tony Leon menepisnya dengan menyatakan bahwa dia tidak meminta maaf kepada pemerintah atau presiden untuk sikap oposisinya selama ini.
 
Lebih lanjut dikemukanan bahwa dia bebas untuk menerima tawaran presiden Zuma karena dia tidak lagi mewakili da di parlemen dan dengan tidak lagi menjadi anggota parlemen berarti bahwa dia telah mengundurkan diri dari arena partai politik. Dia bersikeras bahwa dia memegang teguh pada dasar demokrasi liberal yang menjadi tulang punggung da di masa pasca apartheid dan dia bebas melakukan manuver taktis dalam rangka melancarkan tantangan politik partai da terhadap anc. Sementara itu, presiden Zuma menyatakan harapannya untuk membina hubungan yang lebih akomodatif dengan kalangan partai oposisi.