Pelayanan Kesehatan dan Perawatan Aids Yang Lebih Baik Disambut Gembira

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Berbicara dalam pidato kenegaraannya, presiden Zuma dan kabinetnya akan memprioritaskan pemugaran rumah-rumah sakit dan klinik, menyelesaikan masalah gaji dokter yang rendah dan meningkatkan pelayanan melawan wabah HIV/Aids.
 
Dikatakannya bahwa pemerintah menaruh perhatian yang serius terhadap kemerosotan kualitas pelayanan kesehatan di negara ini, yang diperburuk lagi dengan semakin meningkatnya penderita penyakit selama 15 tahun belakangan ini.
 
Zuma dan kabinetnya mejanjikan mengurangi hingga separuhnya angka baru pasien yang terinfeksi virus HIV pada tahun 2011 dan mencapai target 80 persen penyebaran pelayanan anti-retroviral bagi penderita HIV/Aids pada tahun yang sama. Namun target yang dicanangkan Zuma tersebut oleh proyek hukum Aids dianggap terlalu rendah.
 
Zuma bersama kabinet yang dipimpinnya juga menjanjikan untuk mengurangi buruknya kualitas dan ketetapan di dalam pelayanan kesehatan dengan memperkenalkan program asuransi kesehatan nasional. Untuk melaksanakan program tersebut diperlukan adanya rehabilitasi yang mendesak terhadap rumah-rumah sakit umum melalui kerjasama dengan rumah-rumah sakit swasta, namun tidak terdapat penjelasan terinci mengenai rencana tersebut. Selain itu Zuma dan kabinetnya juga akan memberikan perhatian penting terhadap nasib para tenaga profesional kesehatan.
 
Sementara itu organisasi perawat Afsel mendukung diberlakukannya program asuransi kesehatan nasional dan program penambahan pelayanan pengobatan anti-retroviral bagi penderita HIV/Aids di negara ini.