Produk Kerajinan Indonesia Laris Manis di Christmas Festival, Praha, Rep. Ceko

Ratusan produk kerajinan khas seperti syal batik dan pernak pernik batik terjual habis di Christmas Festival, Praha, Rep. Ceko (29/11). Festival yang berlangsung sepanjang hari di hotel Hilton Praha tersebut dibuka secara resmi oleh Ibu Negara, Ivana Zemanova, pada pukul 10 waktu setempat. Sedikitnya 5000 pengunjung memadati area seluas 1000 meter persegi tersebut.

 

Partisipasi KBRI Praha merupakan yang ke-4 kalinya.  Sekitar lebih dari 40 perwakilan asing berpartisipasi pada tahun ini, terbanyak dalam sejarah penyelenggaraan Christmas Festival selama ini yang memasuki tahun ke-15.

 

Dubes Besar RI Praha, DR. Aulia Aman Rachman, mengatakan adalah komitmen KBRI beserta jajaran untuk menyukseskan promosi produk-produk Indonesia di Ceko. Duta Besar Aulia juga menyambut baik pertisipasi seluruh masyarakat Indonesia di Ceko yang senantiasa terlibat positif dalam setiap event promosi.

 

Christmas Festival diselenggarakan oleh Asosiasi Istri Duta Besar Asing di Ceko (Diplomatic Spouse Association), yang pada tahun diketuai oleh istri Duta Besar Vietnam, Madam Pham Ngoc Tram. KBRI Praha menggandeng Dharma Wanita Persatuan, PPI dan masyarakat untuk mengisi stand Indonesia. Pada saat festival, tim Angklung dan Arumba KBRI Praha tampil mengisi acara hiburan. 

 

Beragam produk khas dari berbagai perwakilan asing dijual pada Festival ini. Sebanyak 20% dari seluruh hasil penjualan disumbangkan kepada badan-badan amal yang bergerak di bidang kemanusiaan dimana Diplomatic Spouse Association merupakan penyumbang terbanyak kepada badan-badan amal di Ceko.