Vaclav Havel, Tokoh Reformasi Ceko, Ingin Berkunjung Ke Indonesia

1/18/2011

 

Mantan Presiden dan tokoh reformasi Ceko, Vaclav Havel (74 tahun), menyampaikan keinginannya untuk berkunjung ke Indonesia ketika menerima kunjungan kehormatan Dubes RI untuk Republic Ceko, Emeria Siregar, pada Selasa 18 Januari 2011.

 

Duta Besar Emeria Siregar selain menjelaskan perkembangan hubungan Indonesia-Ceko yang semakin erat, juga menyampaikan proses perkembangan demokrasi di Indonesia yang berjalan dengan baik.

 

Kepada Vaclav Havel, Dubes Emeria Siregar juga tidak lupa meminta agar Havel berkenan menjadi patron pada acara-acara kebudayaan Indonesia di Ceko, mengingat Havel adalah budayawan Ceko yang sangat legendaris.

 

Menanggapi hal tersebut, Vaclav Havel, tokoh yang memimpin Revolusi Beludru di Cekoslovakia tahun 1989, menyambut baik hubungan bilateral yang semakin hangat antara Indonesia-Ceko, memuji capaian Indonesia dalam masalah demokrasi, dan secara tegas menyanggupi permintaan menjadi patron kegiatan budaya Indonesia tersebut.

 

Pertemuan singkat yang berjalan hangat tersebut merupakan salah satu upaya KBRI Praha dalam memperkenalkan kembali Indonesia kepada elit politik Ceko dari berbagai generasi karena saat ini banyak generasi muda Ceko yang menjadi pemimpin negara.

 

Pada kunjungan singkat tersebut, Dubes Emeria Siregar memberikan kenang-kenangan berupa kain tenun dan keris sekaligus menjelaskan bahwa barang-barang tersebut merupakan warisan budaya Indonesia yang diakui UNESCO.