Produk Makanan ASEAN Merambah Pasar Ceko

9/10/2011

 

 

Partisipasi perwakilan negara-negara anggota ASEAN di Praha, Ceko: Filipina, Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Vietnam, untuk pertama kalinya dalam kegiatan Farmers’ Market di Praha telah menarik perhatian banyak pengunjung dan menyukseskan acara tersebut. Pemerintah Kota Praha 6 telah mengadakan acara the Farmers’ Market untuk musim panas yang ketiga, dan pada 10 September 2011, diselenggarakan di Dejvice Square, Praha, Ceko. Farmers’ Market, suatu kegiatan dalam bentuk bazar makanan siap saji dan hasil tani untuk memeriahkan kota Praha.

 

Pada penyelenggaraan tahun 2011, ke lima perwakilan negara anggota ASEAN memanfaatkan peluang untuk mempromosikan keberadaan ASEAN di Ceko melalui aneka ragam produk makanan dan menu makanan. Stall Indonesia yang sarat dengan dekorasi budaya nasional serta poster dan banner pariwisata dan produk makanan Indonesia penuh dipadati oleh pengunjung bazar yang mencapai lebih dari 10,000 pengunjung. KBRI Praha bersama masyarakat Indonesia yang berada di Ceko berhasil menjual habis nasi kuning, mie goreng, siomay, pastel, sate ayam, onde-onde, dan tanaman Indonesia sebelum acara selesai.

 

Selain makanan siap saji, produk makanan dan minuman kemasan juga banyak diminati, karena beberapa produk dimaksud telah memasuki gerai supermarket di Ceko. Salah satu warga Indonesia yang bermukim di Ceko sebagai petani juga merasakan kepuasan dalam menjual berbagai tanaman untuk bahan masakan seperti daun kemangi, kangkung dan lainnya.

 

Tujuan lain keikutsertaan negara-negara anggota ASEAN di Praha tersebut juga untuk menunjukkan kepedulian sosial terhadap masyarakat Ceko, karena sebagian dari hasil penjualan Farmers’ Market akan didonasikan kepada yayasan sosial untuk para penyandang cacat. Walikota Praha 6, Ms. Marie Kousalíková, menyatakan penghargaannya dan menyambut baik partisipasi perwakilan ASEAN di Ceko karena telah menjadi warga kota yang memiliki solidaritas dan partisipasi terhadap kotanya. Pada saat Walikota Kousalíková mengunjungi stall Indonesia, Duta Besar RI Praha, Emeria Siregar, mempersilahkan Walikota mencicipi dadar gulung hijau yang telah menarik perhatiannya, dan menyampaikan bingkisan berisi berbagai produk makanan kemasan dari Indonesia.

 

Praha, 10 September 2011

 

Arif Sulaksono

Fungsi Pensosbud

KBRI Praha