Perayaan Natal Dalam Persahabatan Indonesia - Ceko, 17 Desember 2011

12/17/2011

 

 

Pada 17 Desember 2011, telah diselenggarakan Perayaan Natal di Wisma Duta Praha, Ceko, yang terdiri dari dua acara, yaitu ibadah kebaktian di pagi hari bagi umat Kristiani warga Indonesia di Ceko, yang dipimpin oleh Pastor Tomas Tulung, seorang Indonesia yang telah sepuluh tahun menjalankan misi di Bratislava. Kebaktian juga dihadiri oleh warga Ceko sahabat Indonesia dan berlangsung secara khidmat, penuh rasa kebersamaan, dalam jalinan suasana kekeluargaan.

 

Perayaan Natal yang diselenggarakan setelah selesai kebaktian, diawali oleh Tari Cenderawasih sebagai sambutan selamat datang, dilanjutkan dengan sambutan oleh Duta Besar RI Praha, Emeria Siregar, yang mengungkapkan harapan bahwa sebagai bangsa Indonesia, kita adalah satu dalam bermacam agama dan aliran kepercayaan, satu dalam ratusan suku, satu dalam ratusan bahasa daerah, dan satu dalam ratusan ribu pulau dan kepulauan yang membentang sebagai Nusantara.

 

Sebagai rakyat dari negara demokrasi terbesar ketiga yang diakui dunia internasional, masyarakat Indonesia ditantang untuk senantiasa mengingatkan dirinya, bahwa di atas segala perbedaan, kita adalah satu Indonesia, yang harus terus berjuang untuk mempertahankan ke-Bhineka-Tunggal-Ika-an Indonesia, kesatuan pluralisme Indonesia dan Indonesia yang unik.

 

Kehadiran para mantan Duta Besar Republik Ceko dan pejabat pemerintah Ceko serta para mantan mahasiswa Ceko, alumni program beasiswa Dharmasiswa, bersama keluarganya, dan Friends of Indonesia di Ceko, menjadi suatu bukti persahabatan yang telah terjalin kokoh antara Indonesia dan Ceko. Kehadiran alumni program Dharmasiswa memberi kesan tersendiri, karena mereka berbincang dalam bahasa Indonesia; salah satu diantaranya yang merupakan pejabat Pemerintah Daerah Pardubice aktif berperan meningkatkan pemahaman tentang Indonesia di daerahnya. Banyak diantara mereka yang telah mengadakan pentas seni dan budaya Indonesia di Ceko atas inisiatifnya agar tetap dapat menari, melukis, membatik, dan lainnya. Dari kalangan budayawan anggota kelompok gamelan Jawa di Ceko menyampaikan keinginannya untuk tetap tampil dan berpentas bersama dengan acara KBRI Praha.

 

Dengan persahabatan yang kuat, rakyat kedua bangsa, Indonesia dan Ceko, dapat bergandengan tangan berperanserta dalam membangun dunia yang lebih saling respek, lebih toleran, solider, dan lebih saling memahami perbedaan yang ada, menjadikan dunia lebih damai untuk generasi mendatang.

 

Sesudah Dubes RI Praha menyampaikan Selamat Natal kepada umat Kristiani yang hadir, paduan suara anak-anak kecil membawakan satu kidung, sebelum larut dalam acara pemberian hadiah oleh Santa Klaus. Dalam jamuan makan siang, masyarakat dan diaspora Indonesia di Ceko dihibur dan menghibur diri bersama band KBRI Praha.

 

Acara yang dihadiri lebih dari seratus tamu masyarakat Indonesia dan Ceko mendapat apresiasi tinggi dari berbagai pihak Ceko yang hadir, yang menyambut sebagai cerminan saling respek dan toleransi beragama di Indonesia.

 

Praha, 17 Desember 2011