Kunjungan Kerja Komisi I DPR RI, Praha, Ceko, 16 – 17 April 2012

4/18/2012

 
Komisi I DPR RI Terkesan dengan Produk Industri Strategis Republik Ceko


 
Dalam rangka melakukan kunjungan kerja ke Republik Ceko, Delegasi Komisi I DPR RI yang dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi I, Agus G. Kartasasmita mengunjungi beberapa Industri Strategis di Wilayah Ceko, antara lain: MPI Excallibur yang memproduksi senjata artileri dan Main Battle Tank (MBT), Perusahaan radar “Eldis” yang produknya telah digunakan oleh beberapa bandara Indonesia serta perusahaan senjata dan amunisi “CZ”. “Ternyata kami menemukan banyak alternatif pengadaan alutsista dengan kualitas dan harga yang bersaing bagi upaya modernisasi Indonesia selama kunjungan di Republik Ceko ini”, Demikian pernyataan ketua Delegasi disela-sela kunjungan tersebut. Dalam pertemuan dengan perusahaan-perusahaan tersebut, Delegasi DPR RI juga mendorong penggunaan local content dan kerjasama alih teknologi dengan perusahaan Indonesia.

 
Kunjungan Delegasi Komisi I DPR RI yang tujuan utamanya untuk meningkatkan hubungan bilateral kedua negara bertemu dengan beberapa counter part selama kunjungan di Republik Ceko, antara lain Ketua Komisi Pertahanan DPR Ceko, Wakil Ketua DPR Ceko, Wakil Menteri Luar Negeri Ceko dan Wakil Menteri Pertahanan Ceko. Dalam pertemuan-pertemuan tersebut Delegasi DPR RI menyampaikan mengenai perkembangan Indonesia terkini dan peluang-peluang yang dapat dimanfaatkan oleh RI – Ceko di berbagai bidang, khususnya terkait dengan kebutuhan Indonesia untuk meningkatkan kualitas alutsista. Ketua delegasi juga menekankan bahwa Ceko dapat memanfaatkan Indonesia sebagai pintu masuk dalam peningkatan kerjasama dengan negara-negara ASEAN.

 
Selain itu, Delegasi Parlemen RI mendorong Pemerintah Ceko untuk memperhitungkan Indonesia dalam ekspor strategi Ceko dan mengharapkan dukungan atas upaya Pemerintah Indonesia untuk delisting Indonesia dari Annex I ke Annex II Schengen Protocol, yaitu upaya mencabut Indonesia dari daftar negara-negara yang wajib memperoleh visa untuk memasuki negara-negara di Eropa yang menggunakan Schengen Visa. Delegasi juga menginformasikan kepada pihak Ceko mengenai kehidupan beragama di Indonesia dan bagaimana Islam Indonesia dapat berjalan selaras dengan kehidupan demokrasi di Indonesia.

 
Disela-sela kepadatan kunjungan tersebut, Delegasi Komisi I DPR RI juga berkesempatan melakukan dialog dengan mahasiswa, masyarakat Indonesia dan diaspora Indonesia yang tinggal dan menetap di Republik Ceko. Perwakilan mahasiswa Indonesia yang pada awalnya memberikan kritik atas kunjungan tersebut, namun akhirnya memberikan pengakuan atas pentingnya kunjungan Delegasi Komisi I DPR RI ke Republik Ceko dan memberikan apresiasi atas kinerja dan hasil-hasil yang dicapai selama kunjungan tersebut.

 
Praha, 18 April 2012

 

Arif Sulaksono

Sekretaris Ketiga Ekonomi dan Penerangan

KBRI Praha