Konser Paduan Suara Mahasiswa Indonesia ‘SAVE OUR HERITAGE’ Sukses Tampil Di Praha

11/1/2010

 

Konser Paduan Suara Mahasiswa dari Universitas Airlangga Surabaya, Universitas Padjajaran Bandung dan Universitas Bina Nusantara Jakarta berhasil memukau para penonton yang hadir di Museum Alat Musik di Praha, Ceko, Senin 1 November 2010.

 

Dibuka oleh Duta Besar RI Praha, Emeria Siregar, Konser dengan tema ‘Save Our Heritage’ dimaksud dihadiri kalangan diplomatik, Friends of Indonesia di Ceko dan masyarakat Indonesia yang tinggal di kota Praha. Dubes menyampaikan harapan bahwa Konser yang digelar khusus untuk anak bangsa yang mengalami musibah bencana di tanah air Indonesia juga dapat menjadi salah satu sarana perekat bangsa Indonesia dan Ceko.

 

Di awali dengan penampilan PSM Universitas Bina Nusantara yang menyanyikan lagu Soleram dan Sik Sik Si Batu Manikam, hadirin tampak telah dibawa ke suasana di Indonesia. Para penyanyi yang berpakaian tradisional dari berbagai daerah mampu menunjukkan penampilan yang sangat baik.

 

PSM Universitas Padjajaran menampilkan lagu Yamko Rambe Yamko, Bungong Jeumpa, Nyiur Hijau, dan tari Saman yang memukau penonton. Hadirin kemudian tampak amat terkesan ketika dengan fasih mereka menyanyikan lagu Ceko Ma Hvezda.

 

Sedangkan PSM Universitas Airlangga menampilkan lagu Rayuan Pulau Kelapa, Ondel – ondel, Gai Bintang, Ugo – ugo dan Macepet cepetan. Gerak dan tari yang mengiringi lagu-lagu yang dinyanyikan juga membuat hadirin tidak beranjak dari tempat duduk mereka.

 

Saat 120 mahasiswa mengakhiri konser dengan mengalunkan ‘Indonesia Pusaka’ banyak warga Indonesia menitikkan airmata teringat berbagai musibah di tanah air.

 

Beberapa hadirin menyatakan sangat menghargai telah berkesempatan melihat suatu pertunjukan yang berbeda, seperti yang diucapkan Ms. Romana Pulchartova, manager ‘Ambassador Concert Series’ Ceko. Romana mengatakan pertunjukan itu adalah yang terindah sepanjang yang pernah dilihatnya. Teknik menyanyi yang sangat bagus diiringi penampilan yang sangat unik membuat pertunjukan tersebut menjadi sangat luar biasa.

 

PSM ketiga universitas datang ke Praha dalam rangka mengikuti Kompetisi Paduan Suara Internasional Praga Cantat 2010 yang diikuti 16 peserta dari 11 negara termasuk Indonesia. Ketiganya mendapat penghargaan emas, dan memenangkan beberapa kategori seperti folkore, koreografi terbaik, lagu-lagu sakral, kelompok khusus wanita, kelompok pria dan wanita, interpretasi terbaik, komposisi terbaik. PSM Universitas Bina Nusantara menyabet juara umum di Praga Cantat tahun ini.