Ketua DPR Ceko Miroslava Nemcova dan Duta Besar RI Praha

1/25/2011

 

Duta Besar RI Praha Emeria Siregar telah melakukan kunjungan kehormatan kepada Ketua DPR Ceko Miroslava Nemcova pada 24 Januari 2011 untuk memperkenalkan diri dan membicarakan hubungan RI dan Ceko yang meningkat. Nemcova menyambut hangat kunjungan dimaksud dan mengusulkan hubungan kedua negara yang telah terjalin baik untuk semakin dikembangkan.

 

Ketua DPR Nemcova secara singkat menginformasikan kegiatan DPR Ceko tahun 2011 dan berbagai permasalahan dalam negeri yang harus diselesaikan Ceko serta hubungan antar DPR Ceko dan RI yang telah diawali dengan kunjungan DPR RI ke Ceko pada tahun 2003. Disampaikan keinginan agar jalinan kerja sama antar parlemen tersebut dapat terus dipertahankan.

 

Sementara itu, Emeria Siregar menjelaskan demokratisasi dan perkembangan ekonomi yang dicapai Indonesia sejauh ini. Disampaikan pula bahwa terkait Keketuaan ASEAN yang sedang dipegang oleh Indonesia sepanjang tahun 2011, Kedutaan Besar RI di Praha telah menyusun serangkaian program untuk mensosialisasikannya kepada kalangan pemerintah, akademisi, pengusaha dan media Ceko di berbagai tempat di Ceko.

 

Ketua DPR Ceko menghargai demokrasi yang telah berjalan baik di Indonesia dan perkembangan ekonomi yang terjadi. Memandang Indonesia sebagai pasar yang besar dan potensial, Ketua DPR Nemcova menyambut baik upaya Dubes RI yang melakukan kunjungan ke berbagai propinsi di Ceko guna mencari peluang dan potensi terutama kerja sama ekonomi bilateral.

 

Pertemuan diakhiri dengan kesepakatan kedua pihak untuk meningkatkan dan mengembangkan kerja sama antara DPR RI dan DPR Ceko, dengan antara lain saling tukar kunjungan.

 

Praha, 25 Januari 2011