Indonesia Day: Mendorong Kerjasama Bidang Pertanian RI - Ceko

3/20/2012

 

 

 

Ceko mengenal Indonesia sebagai negara yang kaya akan hasil pertaniannya. Czech University of Life Sciences Prague (CULS) yang telah memulai proyek pengembangan pertanian di daerah Sumatera Utara sejak 2004 terus memperluas kerjasamanya dengan Indonesia. Pada 20 Maret 2012, CULS menandatangani Memorandum of Understanding dengan Universitas Katolik Satya Wacana, Salatiga, dan PT Wacana Tata Akademika, Jakarta, dalam kerjasama bidang pertukaran dosen dan mahasiswa, pengembangan akademik dan penelitian pertanian bersama. Tidak hanya itu, CULS juga menandatangani MoU dengan Yayasan Del untuk mendirikan Pusat Biotechnology di Politeknik Informatika Del, Sumatera Utara untuk penelitian sustainable agriculture.

 

Duta Besar RI Praha, Emeria Siregar menyambut penandatanganan ketiga MoU tersebut yang dinyatakan sebagai peningkatan kerja sama kedua bangsa di bidang ilmu pengetahuan, untuk mencapai yang lebih baik bagi umat manusia. Rektor CULS, Mr. Jiri Balik, sangat menghargai kehadiran Duta Besar RI sebagai bentuk dukungan pemerintah RI bagi kerjasama antara institusi pendidikan Ceko dan Indonesia. Ketua Pengurus Yayasan Del, Ir. Patuan Simatupang, mengakui peran KBRI Praha yang menjembatani kerjasama Indonesia dan Ceko dalam upaya memupuk dan memberdayakan generasi muda kedua bangsa untuk mencapai tujuan pembangunan yang berkesinambungan, peningkatan kesehatan dan ketahanan pangan. Sedangkan Rektor Universitas Katolik Satya Wacana, Prof. John A. Titaley berharap, melalui kerjasama akademik dan sains, kedua negara dapat menemukan potensi lebih banyak lagi dengan saling bertukar pengetahuan dan pengalaman.

 

Acara penandatanganan MoU disaksikan oleh Ms. Zuzana Hlavickova, Direktur Development Cooperation and Humanitarian Aid, Kemlu Ceko, para mantan Duta Besar Republik Ceko untuk RI, masyarakat Indonesia di Ceko, mahasiswa CULS dan pengusaha di bidang pertanian. Wakil Kemlu Ceko mengutarakan bahwa Indonesia selama 10 tahun terakhir telah menjadi ‘negara target’ Ceko dalam pengembangan kerjasama dan kini kedua negara melakukan kerja sama dengan modalitas baru. Direktur Hlavickova menyatakan bahwa Indonesia tidak lagi dikategorikan sebagai negara yang perlu diberi bantuan beasiswa oleh Pemerintah Ceko mempertimbangkan tingkat pertumbuhan ekonominya. Pengaturan beasiswa bagi mahasiswa diatur dalam kerja sama antar universitas kedua pihak.

 

Indonesia Day yang terselenggara di hari yang bersejarah bagi dunia pendidikan RI dan Ceko mendapatkan liputan dari media radio Cesky Rojhhlas dan media cetak Hospodarske Noviny juga dimeriahkan oleh berbagai promosi budaya Indonesia seperti Tari Prajurit, demo membatik, dan kuliner Indonesia.

 

Indonesia digambarkan sebagai kuda penarik ekonomi dunia di masa depan yang menaruh minat pada teknologi Ceko dan CULS siap membantu Indonesia membangun Pusat Biotechnology senilai 100 juta Koruna (5,5 juta USD) untuk memperkuat para petani kelas kecil dan menengah Indonesia, demikian ungkapan David Herak, Associate Professor, CULS. David memiliki visi bahwa dengan dibangunnya pusat tersebut akan tercipta peluang untuk meningkatkan kesejahteraan para petani kecil dan menengah di Indonesia. Lebih lanjut, diharapkan pembangunan pusat tersebut di Sumatera Utara dapat dimulai sebelum rencana kunjungan kenegaraan Presiden Ceko Vaclav Klaus ke Indonesia pada musim panas 2012.

 

Praha, 20 Maret 2012

 

Arif Sulaksono

Sekretaris Ketiga Ekonomi dan Penerangan

KBRI Praha