Ibu Negara Ceko, Livia Klausova, Tertarik Dengan Indonesia

11/28/2010

 

Ibu Negara Ceko, Livia Klausova, menyampaikan keinginannya untuk diajak berkunjung ke Indonesia oleh suaminya tahun depan. Ungkapan tersebut disampaikan kepada Duta Besar RI di Praha, Emeria Siregar, ketika Livia Klausova mengunjungi anjungan Indonesia di acara International Christmas Bazaar, Minggu 28 November 2010.

 

Pada perjumpaan singkat tersebut Dubes Emeria Siregar menyambut baik keinginan Ibu Negara Ceko dan menyampaikan kenang-kenangan berupa syal batik sutera berwarna hitam dan emas. Ibu Negara Ceko juga menyatakan nampak terkesan dengan beragam gaun dan baju batik yang dikenakan para penjaga anjungan Indonesia yang berhiaskan payung Bali, kain tenun Sumba dan wayang golek. Klausova juga membeli beberapa cendera mata dari Indonesia.

 

Menurut Counsellor Ekonomi KBRI Praha, Guntur Setyawan, bazaar amal yang diselenggarakan oleh asosiasi isteri diplomat di Ceko ini diikuti lebih dari 40 negara dan beberapa organisasi internasional termasuk UNICEF. Seperti tahun-tahun sebelumnya kegiatan tersebut diadakan di Hotel Hilton Praha.

 

Tahun ini anjungan Indonesia yang diisi oleh Darma Wanita Persatuan KBRI Praha dan masyarakat Indonesia di Ceko menjual berbagai barang tradisional khas Indonesia. Selain aneka barang dari batik seperti baju, taplak meja, pernak-pernik perhiasan, juga dijual barang-barang dari tenun seperti kain dan tas. Makanan Indonesia seperi nasi kuning, nasi goreng, lemper, martabak, tahu isi dan ketan hitam juga laris dibeli oleh para pengunjung.

 

Acara tahunan ini mendapat sambutan yang baik dari masyarakat Praha. Ratusan orang hadir dan antusias membeli barang khas dari berbagai negara. Indonesia juga juga memberikan beberapa barang dan voucher spa tradisional Indonesia dan menginap di Hotel Borneo untuk diundi sebagai ‘door prize’ bagi para pengunjung.