Duta Besar RI Praha Bicarakan Kerjasama Bilateral

1/25/2011

 

Duta Besar RI Praha, Emeria Siregar, melakukan kunjungan kehormatan kepada Ketua DPR Ceko, Mrs. Miroslava Nemcova, di kantornya pada Senin, 24 Januari 2011. Keduanya membicarakan hubungan bilateral kedua negara yang semakin meningkat.

 

Nemcova menyambut hangat kunjungan Duta Besar RI tersebut dan menyatakan bahwa hubungan kedua negara yang sudah baik perlu semakin ditingkatkan. Pada kesempatan tersebut Nemcova secara singkat menyampaikan kegiatan DPR Ceko tahun ini selain menjelaskan berbagai permasalahan yang harus diselesaikan di Ceko seperti reformasi pemerintahan, serta tunjangan kesehatan dan sosial.

 

Duta Besar Emeria Siregar dalam pertemuan tersebut menjelaskan bahwa perkembangan politik yang stabil di Indonesia telah mendukung pertumbuhan ekonomi. Selain itu Duta Besar RI menyampaikan informasi bahwa pada tahun 2011 ini Indonesia memengang keketuaan ASEAN dan KBRI Praha akan mensosialisasikan hal ini kepada para pejabat, mahasiswa, akademisi, dan kalangan pengusaha di berbagai tempat di Ceko. Disampaikan pula keinginannya untuk terus menjalin hubungan baik dengan Parlemen Ceko dan meminta dukungan dari ketua DPR Ceko itu agar kegiatan bersama kedua parlemen berjalan semakin baik.

 

Menanggapi pernyataan Duta Besar RI, Ketua DPR Ceko mengatakan gembira dengan perkembangan ekonomi dan politik yang terjadi di Indonesia, dimana demokrasi sudah berjalan dengan baik. Indonesia juga dipandang sebagai pasar yang besar dan potensial, sehingga kerjasama bidang ekonomi harus ditingkatkan. Pada kesempatan tersebut Nemcova menegaskan bahwa DPR Ceko akan terus mendukung kerjasama yang dijalin dengan DPR Indonesia.

 

Pada akhir kunjungan, Duta Besar Emeria Siregar member kenang-kenang syal batik sutera yang langsung dikenakan oleh Miroslav Nemcova.

 

 

Praha, 25 Januari 2011