Duta Besar RI Di Praha, Ceko Terima Kunjungan Sekolah Budi Mulia Dua Yogyakarta

10/3/2010

 
Duta Besar RI untuk Republik Ceko yang baru, Emeria Siregar, menerima kunjungan Kepala Sekolah Budi Mulia Dua Yogyakarta dan rombongan pada Minggu, 3 Oktober 2010 di Wisma Duta.

 

Duta Besar Emeria Siregar menyambut baik kedatangan rombongan yang terdiri dari 4 orang guru dan 22 siswa dalam rangka pertukaran pelajar dan budaya ke Ceko sebagai implementasi hasil Sidang Komisi Bersama RI-Ceko 2009 untuk meningkatkan kontak antar masyarakat, dimana salah satunya melalui kerjasama bidang pendidikan.

 

Junita Arfani, Kepala Sekolah Budi Mulia Dua Yogyakarta, mengatakan bahwa tujuan Muhibah Akademis dan Budaya di Republik Ceko pada 2-10 Oktober 2010 salah satunya adalah untuk memperkenalkan pendidikan, budaya dan membuat jaringan baik antara institisi, para guru dan siswa di sekolah yang akan mereka kunjungi yakni Sekolah Vladislava Vancury di Zbraslav dan Sekolah di Kralupi. Junita Arfani berharap agar kegiatan ini merupakan salah satu jalan mewujudkan cita-cita dari sekolah agar anak didiknya dapat menjadi warga dunia. Junita juga mengundang sekolah yang dikunjungi untuk melakukan kunjungan balasan pada tahun depan.

 

Kunjungan di sekolah-sekolah tersebut akan diisi dengan ikut kegiatan belajar, menampilkan lagu tradisional dan angklung, juga akan ditampilkan tari Mayong dan Prajurit. Seluruh siswa akan tinggal bersama keluarga-keluarga angkat selama dua hari.

 

Selain kegiatan berkunjung ke sekolah, siswa Budi Mulia Dua juga akan tampil di acara pagelaran lagu anak-anak internasional di Praha tanggal 8 dan 9 Oktober 2010 yang akan diikuti peserta dari Slovakia, Belarusia, Bulgaria, Romania, Serbia, dan Ceko. Sekolah Budi Mulia Dua Yogyakarta akan menampilkan lagu Perahu Layar dan Jaranan dengan iringan musik angklung.

 

Acara siswa juga akan melakukan pentas tari dan nyanyi di ‘Paviliun Indonesia’ Kebun Binatang Praha pada Sabtu, 9 Oktober 2010 siang hari untuk menghibur para pengunjung yang akan melihat bintanag dan tanaman khas Indonesia di kebun binatang tersebut. Lagu-lagu dolanan anak Indonesia dan Ceko akan ditampilkan mereka di acara tersebut.