Duta Besar RI - Praha Jalin Kemitraan dengan Media Ceko

12/9/2010

 

Sepuluh wartawan terkemuka Ceko hadir dalam acara Media Gathering, yang dilaksanakan pada 9 Desember 2010, di Wisma Duta Praha. Mereka berasal dari Media Televisi, Koran, Majalah, Radio, serta Koran on-line. Acara ini merupakan perkenalan Duta Besar RI-Praha yang baru, Emeria Siregar, kepada media di Ceko, sekaligus untuk menjalin kemitraan.

 

Duta Besar RI Emeria Siregar menyampaikan berbagai informasi mengenai perkembangan Indonesia terkini secara menyeluruh dan mengharapkan dukungan dari media Ceko untuk membantu mendekatkan hubungan bilateral kedua negara melalui jalur media.

 

Dalam kesempatan itu, hadir wartawan senior harian Kompas dari Indonesia, Budiarto Shambazy atas undangan KBRI Praha. Dengan kehadiran wartawan dari Indonesia, Dubes Emeria Siregar mengharapkan agar kemitraan antara media Ceko dengan media Indonesia dapat terjalin dengan baik.

 

Teodor Marjanovic dari Mlada Fronta Dnes, harian terbesar di Ceko, menunjukkan ketertarikan dengan mengajukan berbagai pertanyaan yang terutama berkaitan dengan kebebasan media di Indonesia, pemberedelan pers dan kebijakan politik luar negeri RI. Selain Tomáš Wehle yang pernah berkunjung dan meliput Sail Banda 2010 di Indonesia, beberapa wartawan lainnya juga pernah mengunjungi Indonesia. Dari pertanyaan dan pembicaraan yang mengalir secara bebas, tampak bahwa semua wartawan yang diundang memang memiliki pengetahuan tentang Indonesia. Pada saat wawancara oleh Radio Ceko, berbagai pertanyaan yang diajukan sepenuhnya mencerminkan kondisi kerja sama Indonesia dan Ceko kini yang masih perlu terus ditingkatkan.

 

Kepada para wartawan Ceko disuguhkan aneka makanan khas Indonesia seperti nasi uduk, soto betawi, dan dadar gulung, seraya dijelaskan mengenai upaya Indonesia dalam melestarikan berbagai warisan budaya nasional yang merupakan kekayaan bangsa seperti batik, keris, wayang, gamelan, angklung dan kini yang sedang dipromosikan terus adalah tenun. Pada akhir acara, semua wartawan mendapat cinderamata tenun tradisional dan brosur informasi tentang Indonesia.