Atlet Paralympic Tenis Meja Indonesia Merebut Dua Gelar, Czech Open 2011

9/11/2011

 

 

 

KBRI Praha pada 11 September 2011 berkesempatan melakukan syukuran secara sederhana dalam waktu yang sangat sempit atas prestasi kemenangan yang diraih oleh atlet tenis meja Indonesia David Jacobs di kejuaraan Czech Open 2011, Ostrava, Ceko, pada 8 – 10 September 2011. David, pada usia 34 tahun, berhasil merebut juara ketiga tenis meja perorangan pada kejuaraan tenis meja internasional bagi penyandang cacat, Czech Open 2011, di Ostrava, yang diikuti oleh 30 negara. Indonesia merupakan satu-satunya negara anggota ASEAN yang mengirimkan atletnya pada Czech Open.

 

David meraih juara ketiga melalui kemenangan melawan atlet Swedia 3-1, serta atas atlet Australia 3-0, namun kalah di semi final melawan Rusia 1-3. Pada perebutan tempat ketiga, David Jacobs menang melawan atlet asal Polandia 3-0. Juara pertama diraih atlet asal Ceko setelah menang melawan atlet Rusia 3-2.

 

Prestasi yang diraih David tidak hanya pada pertandingan tunggal. Pada kejuaraaan ganda, David berpasangan dengan pemain asal Ceko, Ivan Karabec berhasil merebut juara satu. Pasangan Indonesia dan Ceko tersebut berhasil menaklukkan pasangan ganda asal Rusia, Pavel Lukyanov dan Yury Nozdrunov 3-1.

 

David Jacobs bertanding pada kelas 10 yaitu kelas bagi atlet yang memiliki kekurangan pada tangan mereka. Meski memiliki kekurangan fisik, namun kemampuan David pada cabang olahraga tenis meja sangat membanggakan, terbukti dari berbagai gelar juara yang diraihnya di berbagai kejuaraan internasional. Keikutsertaan David pada Czech Open merupakan persiapan mengikuti olimpiade khusus bagi atlet penyandang cacat, Paralympics, di London, tahun 2012.

 

Kemampuan David Jacobs bahkan disebutkan setara dengan atlet normal, yang terbukti dengan terpilihnya David mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) tahun 2012 mendatang mewakili Provinsi DKI. David akan merupakan bagian dari tim nasional tenis meja kategori ganda.

 

David akan melanjutkan perjalanannya 12 September 2011 bertanding ke Manchester, Inggris, untuk terus mengharumkan nama bangsa Indonesia. KBRI Praha menyampaikan kenang-kenangan suatu baki kecil berukir Burung Garuda dan Sungai Vltava, lambang hubungan bilateral RI-Ceko.

 

Praha, 11 September 2011

Arif Sulaksono

Fungsi Pensosbud

KBRI Praha