Kebersaman Dalam Kesederhanaan Pada Pertandingan Olah Raga

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Berkumpul dan bersama dalam suasana yang meriah dan penuh bahagia terlihat pada masyarakat Indonesia yang berada di Port Moresby saat pertemuan silahturahmi dan pertandingan olah raga masyarakat Indonesia di KBRI Port Moresby tanggal 15  Juli 2012. Acara yang diselenggarakan oleh KBRI Port Moresby dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke – 67 tersebut dihadiri oleh sekitar 100 lebih masyarakat Indonesia yang berada di Papua Nugini (PNG).

 

Acara yang dimulai pada jam 10.00 waktu setempat dibuka oleh Duta Besar RI untuk Port Moresby Bapak Andreas Sitepu  dan  diramaikan oleh beberapa kegiatan olah raga dan hiburan yaitu  tenis meja, bola voli, karaoke dan perlombaan untuk anak-anak. Dalam pokok sambutannya, Duta Besar RI menyampaikan bahwa diadakannya acara ini lebih awal mengingat masyarakat Indonesia yang beragama Islam akan menuaikan ibadah Puasa. Lebih lanjut Duta besar RI menambahkan bahwa tujuan dari acara ini adalah untuk lebih meningkatkan jalinan kebersamaan masyarakat Indonesia yang berada di Papua Nugini. Untuk itu, pertandingan olah raga yang diselenggarakan saat ini bukan untuk berkompetisi  namun  untuk lebih meningkatkan rasa persaudaraan antar masyarakat Indonesia.

 

Walaupun acara diadakan dengan sederhana dan pertandingan olah raga yang diadakan tidak memperebutkan hadiah, namun rasa gembira dan bahagia  tampak dari para masyarakat Indonesia yang pada kesempatan pertemuan tersebut juga saling bersilahturahmi. Pertandingan olah raga yang dimainkan oleh masyarakat Indonesia dan seluruh staf KBRI beserta keluarganya berjalan dengan seru begitu juga dengan perlombaan untuk anak-anak.

 

Jumlah masyarakat Indonesia yang berada di Papua Nugini berjumlah sekitar 750 orang  yang sebagian besar diantaranya bekerja dibeberapa perusahaan swasta, pengajar, pelaut, rohaniawan dan lain sebagainya. (Sumber : KBRI Port Moresby)