Dubes RI serahkan Surat Kepercayaan kepada Gubernur Jendral Papua Nugini

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

(PoM,12/10)Pada hari Selasa 12 Oktober 2010, pukul 10:30 - 11:30 telah dilangsungkan prosesi penyerahan surat-surat kepercayaan Dubes Andreas Sitepu kepada Gubernur Jenderal (GG) Sir Paulias Matane yang bertempat di Kediaman resmi Gubernur Jenderal PNG.

Sebelum acara resmi penyerahan surat-surat credential, didahului dengan pemeriksaan barisan kehormatan dan selanjutnya mendengarkan lagu kebangsaan kedua negara yaitu “Indonesia Raya” dan selanjutnya “O ARISE ALL YOU SONS OF THIS LAND”. Pada kesempatan tersebut, dalam sambutan singkat Dubes Andreas Sitepu antara lain menyampaikan salam hormat Bapak Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono kepada Gubernur Jenderal Paulias Matane dan Pemerintah dan Rakyat Papua New Guinea.

Selanjutnya dinyatakan bahwa hubungan baik kedua negara selama ini telah berjalan baik dan saling menghormati. Kunjungan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono pada Maret 2010 lalu merupakan tonggak baru dalam meningkatkan hubungan yang lebih erat lagi di masa depan dalam berbagai aspek kerjasama yang menguntungkan kedua pihak.

Pada sambuatan balasan, Gubernur Jenderal atas Atas nama Queen Elizabeth the Second dan masyarakat PNG menyambut hangat kedatangan Dubes Andreas Sitepu dan keluarga di PNG serta menyatakan rasa senangnya, bahwa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengangkat Dubes Andreas Sitepu menjadi Dubes RI untuk Papua New Guinea.

Kemudian, ditegaskan bahwa Kedua Pemerintahan terus berupaya memanfaatkan sepenuhnya arrangement krangka kerjasama bilateral yang telah ada, termasuk diantaranya the Basic Agreement on Border Arrangements, Treaty of Mutual Respect, Friendship and Cooperation, Joint Ministerial Commission, border-realted meetings of the Joint Border Committee and Border Liasion Meeting, demikian. (Sumber : KBRI Port Moresby)