Dubes RI Ronald J.P. Manik Serahkan Surat Kepercayaan kepada Gubernur Jenderal Solomon Islands

Bertempat di Government House, Honiara, pada hari Kamis tanggal 12 Maret 2015, Duta Besar Ronald J.P. Manik telah menyerahkan Surat Kepercayaan kepada Gubernur Jenderal Solomon Islands, Sir Frank Kabui GCMG, CSI, DBE. Dalam kesempatan tersebut Dubes RI juga menyampaikan Surat Pemanggilan (Recall Letter) dari pendahulunya Duta Besar Andreas Sitepu.

 

Sebelumnya Dubes RI yang berkedudukan di Port Moresby, Papua New Guinea telah menyerahkan Surat Kepercayaan kepada Gubernur Jenderal Papua New Guinea Yang Mulia Grand Chief Sir Michael Ogio pada tanggal 22 Januari 2015. Dengan demikian, Dubes RI secara resmi telah dapat memulai tugas diplomatiknya di kedua negara akreditasi KBRI Port Moresby yaitu Papua New Guinea dan Solomon Islands.

 

Hadir dalam penyerahan Surat Kepercayaan tersebut Menteri Luar Negeri Solomon Islands Hon. Milner Tozaka dan Permanent Secretary Deplu Solomon Islands serta undangan lainnya. Prosesi penyerahan Surat Kepercayaan berlangsung secara sederhana namun hikmat tanpa adanya inspeksi barisan kehormatan (karena hari hujan) dan tanpa mengumandangkan lagu kebangsaan kedua negara sesuai dengan praktik yang berlaku di Solomon Islands.

 

Dalam sambutannya, Dubes RI designate menyampaikan keinginan Pemerintah Indonesia untuk meningkatkan hubungan bilateral dengan Solomon Islands di bidang pembangunan, pendidikan, kebudayaan,  ekonomi dan perdagangan, capacity building dan peningkatan people-to-people contact masyarakat kedua negara. Gubernur Jenderal menyampaikan antara lain penghargaan atas bantuan Indonesia dalam rangka pembangunan kapasitas orang Solomon Islands melalui program capacity building dan bidang-bidang lainnya yang akan bermanfaat bagi pengembangan SDM Solomon Islands.

 

Pada kesempatan ramah tamah, Dubes RI menjelaskan kepada Gubernur Jenderal mengenai keberadaan sekitar 15 juta etnik Melanesia di Indonesia dimana jumlah tersebut melebihi jumlah masyarakat Melanesia di negara Pasifik lainnya. Mendengar hal tersebut, Gubernur Jenderal menyatakan kekagetannya karena selama ini beliau tidak mengetahui hal tersebut.

 

Selama di Solomon Islands, Dubes RI juga telah mengadakan kunjungan kehormatan/ pertemuan dengan beberapa pejabat tinggi SI yaitu Perdana Menteri SI Hon. Manasseh Sogavare; Menteri Luar Negeri SI Hon. Milner Tozaka; Acting Menteri Perdagangan, Industri, Imigrasi dan Tenaga Kerja, Hon. Andrew Manepora’a; Menteri Pengembangan Pertanian dan Peternakan, Hon. Agustine Auga; Permanent Secretary Kementerian Pendidikan dan SDM, Mr. Frank Rodie; Ketua Parlemen SI, Mr. Ajilon Nasiu; dan High Commissioner Inggris selaku Dean, H.E. Dominic Mieklejohn.