Papua Nugini

​Sejarah Singkat Solomon Island
 
 
Sejak tahun 1890an, Solomon Islands berada dibawah perlindungan United Kingdom, beberapa pertempuran yang sangat he bat dan menyakitkan terjadi di negara ini saat perang dunia II.
 
Solomon Islands memperoleh pemerintahan sendiri sejak tahun 1976, dan merdeka dua tahun kemudian.
Perang antar suku, ketidakmampuan pemerintah dan berbagai tindak criminal merusak stabilitas dan kehidupan masyarakat Solomon Islands, sehingga bulan Juni 2003, Perdana Menteri Sir Allen Kemakeza meminta bantuan Australia dalam mengatur kembali masalah Hukum dan Undang-undang; pada bulan Juli parlement menyetujui permintaan tersebut dan pada tanggal 24 Juli 2003 pasukan Multinasional dari Australia New Zealand, Fiji, Papua New Guinea dan Tonga tiba di Solomon Islands dan menciptakan perdamaian di negeri ini dengan melucuti senjata para suku bangsa.
 
The Regional Assistance Mission to the Solomon Islands (RAMSI) ini dipandang sangat efektif dan sukses dalam mengatur kembali Hukum, undang¬undang dan membangun kembali institusi-institusi pemerintahan. Pada tahun 2006 RAMSI menempatkan lagi 259 petugas polisi dan 20 orang militer sebagai tambahan penasehat teknis kependudukan; sebagai response dari kejadian di pertengahan April 2006, Australia menambah 220 tentara dan 70 polisi untuk membantu Solomon Islands.
 
 
Pemerintahan
Nama Negara      :   Solomon Island (Kepulauan Solomon)
Hari Kemerdakaan : Tanggal 7 Juli 1978, Kepulauan Solomon menerima kemerdekaannya dari Inggris.
 
Eksekutif
Kepala Negara
Kepala Negara Solomon Island adalah Ratu Elizabeth II yang diwakili oleh Gubemur Jenderal dengan masa jabatan 6 (enam) tahun. Sejak 6 februari 1952 Ratu Elizabeth II menjadi kepala Negara Solomon Island, dan saat ini diwakili Gubernur Jenderal Nathaniel Waena sejak 7 Juli 2004.
 
Kepala Pemerintahan
Kepala Pemerintahan adalah Perdana Menteri. Saat ini pemerintah Solomon Island dipimpin oleh Perdana Menteri Dr. Derek Sikua.
 
 
Kabinet
Kabinet Solomon Island terdiri dari 20 orang menteri yagn ditunjuk oleh Gubernur Jenderal atas nasihat Perdana menteri dari antara anggota parlemen.
 
 
Pemilihan Umum
Gubernur Jenderal ditunjuk oleh Monarkhi atas nasihat Parlemen untuk 5 tahun. Wakil Perdana Menteri ditunjuk oleh Gubernur Jenderal atas nasehat Perdana Menteri dari antara anggota Parlemen. Pemilihan Umum diadakan untuk memilih anggota badan legislative. Ketua Paprtai Politik pemenang Pemilihan Umum atau parati koalisi menjadi Perdana M<enteri. Sedangkan wakil Perdana menteri ditunjuk olegh Gubernur Jenderal atas usulan Perdana Menteri.
 
 
Legislatif
National Parlemen terdiri dari 50 kursi; yang anggotanya dipilih dari Single-Member Konstituante lewat Voting untuk mengabdi se1ama 4 tahun.
 
 
Hubungan Luar Negeri
Solomon Islands ikut berpartisipasi dalam berbagai organisasi internasional antara lain sebagai anggota dalam organisasi: ACP, AsDB, C, ESCAP, FAO, G-77, IBRD, ICAO, ICCT, ICRM, lOC, ITU, MlGA, OPCW, PIF, Sparteca, SPC, UN, UNCTAD, UNESCO, UPU, WFTU, WHO, WMO, dan WTO.
Pemerintah Kepulauan yang tergabung dalam PIF selalu menjaga hubungan baik dengan negara-negara anggota PIF khususnya PNG yang mempunyai pengaruh kuat diantara Negara-negara di Pasifik. Kunjungan Perdana Menteri SI ke PNG merupakan kunjungan kerja (working visit) dalam rangka tour pertama kenegara-negara  sahabat  di  Pasifik. 
 
PNG  menjadi tujuan pertama karena pengaruh dari
Perdana Menteri Michel Somare yang cukup besar di Negara-negara Pacific. Hal tersebut kembali menunjukan sikap SI yang tetap pada pendirian untuk terus berusaha mandiri, walaupun masih sangat tergantung pada Australia dan Selandia Baru.
 
Kebijakan Luar negeri SI yang menerapkan look to the North merupakan komitmen yang cukup berani, karena akan berdampak pada hubungan luar negeri SI dengan Australia dan Selandia Baru, yang saat ini Negara donor utama pada pembangunan SI disamping Taiwan.
 

Geografi, Penduduk, Bahasa, Mata Uang dan Sumber Daya Alam
Lokasi:  Terletak di Ociania, kelompok pulau di Selatan Pasifik Ocean, sebelah timur Papua New Guinea. Dengan Koordinat 8 00 S, 159E
 
Luas Wilayah :  Luas Salomon Island secara keseluruhan 28,450 km2 dengan komposisi sebagai berikut:
a. Daratan 27,540 km2
b. Perairan 910 km2
 
Pembagian Wilayah:   Solomon Island terdiri dari 9 (sembilan) Propinsi dan satu Daerah Khusus Ibu Kota (Capital territory), yaitu: Propinsi Guadalcanal, Isabel, Makira, Malaita, Rennell, Bellona, Temotu, Western, Honiara.
 
Penduduk:   Penduduk asli Salomon Island termasuk dalam ras Melanesia, Sampai pada Juli 2006, diperkirakan jumlah keseluruhan penduduk PNG sebesar j52,438 dengan tingkat pertumbuhan sebesar 2.61%; tingkat kelahiran, 30.01/1000; tingkat kematian 3.92 , tingkat kematian bayi 20.63/1000 dan harapan ,hidup 72.91. Penduduk Solomon Island terdiri dari 94.5% Melanesia, 3% Polinesia, 1.2% Micronesia, 1.1 lainnya, dan 0.2% tidak diketahui.
 
Bahasa: Melanesian Pidgin merupakan bahasa pergaulan sehari-hari. Bahasa Inggris digunakan 1 % - 2% penduduk saja, Bahasa yang digunakan di Solomon Island ada kira-kira ada 120 bahasa daerah asli pribumi.
 
Mata uang:  Satuan Mata Uang Solomon Island adalah Solomon Island Dollar (SBD)
US$ 1,- = SBD 7.52
 
Sumber Alam:   Sebagian besar penduduk Solomon Island hidup dengan bertani, nelayan dan sebagian kecil memanfaatkan hutan untuk bertahan hidup. Solomon Island mempunyai potensi kekayaan alam yang sangat kaya dalam hasil pertambangan Sumber daya Mineral yang belum diolah seperti timah, bauksit, fosfat, seng, tembaga, nikel, emas dan lain lain.