Penjelasan KBRI Phnom Penh terkait Edaran Pengisian Data e-KTP

8/2/2013

 

KBRI Phnom Penh telah menerima pertanyaan dari beberapa warga Indonesia di Kamboja mengenai surat edaran KBRI tanggal 24 November 2011, perihal permohonan pengisian formulir data diri dalam rangka pemutakhiran data penduduk Indonesia dan pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP). Surat Edaran dimaksud diteruskan kepada warga Indonesia di Kamboja sesuai surat edaran dari Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kementarian Dalam Negeri.

Pertanyaan yang diterima KBRI sehubungan dengan suart Edaran tersebut menanyakan apakah KBRI akan/dapat menguruskan e-KTP bagi warga Indonesia yang tinggal di Kamboja.

Sehubungan dengan pertanyaan dimaksud, perlu kami sampaikan hal-hal berikut.

1.   Surat Edaran yang kami buat itu dimaksudkan untuk mengisi formulir data diri dalam rangka pemutakhiran data penduduk Indonesia dan pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP).

2.   Sejauh yang kami ketahui, pembuatan e-KTP tidak dapat diwakilkan kepada KBRI, karena warga yang bersangkutan harus dating sendiri ke kecamatan tempat tinggalnya di Indonesia guna proses sidik jari, pengambilan photo dan pendataan administratif lainnya.

3.   Sehubungan dengan itu, KBRI menghimbau kiranya warga Indonesia yang punya kesempatan atau jika sedang berada di Indonesia dapat meluangkan waktunya untuk memproses pembuatan e-KTP masing-masing.

4.   Sebagai informasi, sampai hari ini KBRI belum mendapat informasi mengenai tindak lanjut dari penyampaian data diri warga Indonesia di Kamboja yang telah dikirimkan ke Kementerian Dalam Negeri.

 

Demikian disampaikan, atas perhatiannya diucapkan terima kasih.