Universitas Jenderal Achmad Yani dan University of Cambodia Menandatangani Kerjasama Bidang Pendidikan di Phnom Penh, Kamboja

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pertukaran dosen, mahasiswa dan pelaksanaan riset bersama merupakan fokus kerjasama antara  University of Cambodia dengan  Universitas Jendral Achmad Yani, Bandung. Kesepakatan melakukan kerjasama ini dituangkan dalam bentuk Memorandum of Understanding (MOU) yang ditandatangani oleh Presiden University of Cambodia, DR. Kao Kim Hourn dengan Drs. Heriyono M. Psi., Rektor Universitas Jenderal Achmad Yani pada tanggal 13 Maret 2010 di Phnom Penh, Kamboja.
 
Pada pertemuan yang dilaksanakan sebelum penandatanganan MOU tersebut, kedua universitas berkomitmen bahwa kerjasama mereka akan ditekankan pada upaya menciptakan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan kreatif dan mampu beradaptasi kepada masyarakat dan dapat menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat. Pengembangan SDM tidak hanya dimaksudkan untuk mengejar tingkat kelulusan sdm berijazah namun juga membangun sdm yang benar-benar memiliki kapabilitas dan skill guna memberikan sumbangsih nyata bagi masyarakat.
 
MOU yang ditandatangani di Kantor University of Cambodia dan disaksikan oleh Dubes RI Phnom Penh, Ngurah Swajaya, akan segera ditindaklanjuti dengan berbagai program pertukaran pelajar, dosen, publikasi akademik maupun joint research yang akan dimulai tahun ini.
 
Dubes RI untuk Kerajaan Kamboja, Ngurah Swajaya menyampaikan bahwa kerjasama pengembangan sdm antar kedua universitas tersebut diharapkan tidak hanya akan mampu meningkatkan hubungan baik kedua negara namun juga dapat meningkatkan people to people contacts sejalan dengan rencana pembentukan komunitas ASEAN pada tahun 2015.