Tarian "Lenggang Nyai" Meramaikan Pertemuan ASEAN Women Circle Di Phnom Penh

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Bertempat di Wisma Duta KBRI Phnom Penh, Indonesia menjadi tuan rumah acara AWC (ASEAN Woman Circle) pada tanggal 14 Agustus 2009. Acara tersebut merupakan kerjasama antara AWC Phnom Penh dengan Dharma Wanita Persatuan KBRI Phnom Penh sebagai salah satu kegiatan rutin tahunan AWC yang bertujuan untuk memperkenalkan budaya dan kesenian serta kegiatan sosial Indonesia kepada masyarakat Kamboja.

Ibu Mahaswi Swajaya merupakan tuan rumah kegiatan yang dihadiri Duta Besar Perempuan yang berkedudukan di Kamboja, Ibu Bori Hor Istri Menteri Luar Negeri Kerajaan Kamboja, kalangan pejabat Kamboja, beberapa anggota keluarga Perdana Menteri serta para istri Duta Besar Negara anggota ASEAN dan Mitra Wicaranya.

Disamping tari-tarian, pada acara pertemuan kali ini diisi dengan pemutaran video serta demonstrasi pembuatan tempe sebagai salah satu makanan khas Indonesia. Mini bazar yang menampilkan beberapa produk kerajinan dan batik dari Indonesia serta kegiatan tari-tarian bersama ( line dance ) oleh Ibu-ibu DWP dan Diplomat wanita KBRI Phnom Penh diiringi dengan lagu pop Indonesia. Suguhan gerak tari dinamis yang ditampilkan dua orang penari asal Indonesia membawakan tarian "Lenggang Nyai" dari Jakarta membuat hadirin terpukau.

Acara pertemuan ditutup dengan suguhan makanan khas Indonesia sambil menikmati pemutaran video mengenai promosi pariwisata Indonesia. Pada akhir acara, setiap peserta mendapat bingkisan berupa produk perawatan kecantikan khas dari Indonesia.

Acara ini merupakan salah satu ajang yang cukup efektif untuk memperkenalkan kekayaan budaya Indonesia yang sangat beragam kepada sesama negara ASEAN lainnya dan khususnya kepada masyarakat Kamboja dan dapat dimanfaatkan untuk mempererat hubungan persahabatan antar masyarakat Indonesia dan Kamboja (peoples to peoples contacts).