Perayaan HUT RI ke-65 di KBRI Phnom Penh

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sinar matahari yang mulai terasa teriknya pada pagi itu tidak menyurutkan semangat masyarakat Indonesia di Kamboja untuk mengikuti upacara peringatan HUT RI ke-65 pada tanggal 17 Agustus 2010. Bertempat di halaman gedung kantor KBRI Phnom Penh, segenap staf KBRI, masyarakat Indonesia, perwakilan tentara Royal Cambodia Armed Forces (RCAF) dan Friends of Indonesia dengan hikmat mengikuti rangkaian acara upacara penaikan bendera sang Saka Merah Putih.

 

Pada sambutannya, Dubes RI Soehardjono Sastromihardjo selaku inspektur upacara mengungkapkan apresiasinya atas peningkatan hubungan bilateral RI - Kamboja yang dicerminkan oleh kerjasama di berbagai bidang, antara lain melalui adanya penandatanganan Plan of Action of MoU on Sister Temple Province Cooperation dan kelanjutan kerjasama bidang militer antara TNI dan RCAF, sebagai pengejawantahan dari amanat politik luar negeri RI.

 

Setelah upacara, suasana peringatan dirgahayu kemerdekaan Indonesia dimeriahkan dengan aubade lagu-lagu nasional yang dinyanyikan dengan iringan angklung oleh peserta pelatihan angklung di Pusat Budaya Indonesia KBRI Phnom Penh.

 

Pada sore harinya diselenggarakan upacara penurunan Bendera, yang dilanjutkan dengan acara tumpengan sebagai ungkapan rasa syukur atas 65 tahun kemerdekaan RI, sekaligus sebagai acara berbuka puasa bersama masyarakat Indonesia.