Senate Kamboja dan DPD RI sepakat bentuk Kaukus Persahabatan DPD RI- Senate Kamboja

2/24/2010

 

Peningkatan kerjasama antar lembaga legislatif antar kedua negara merupakan fokus dari kunjungan delegasi DPD RI dengan President Senate Kamboja,  Chea Sim, pada tanggal 24 Februari 2010 di Phnom Penh, Kamboja. Dalam kunjungan DPD RI, yang dipimpin oleh Laode Ida tersebut, disepakati pembentukan Kaukus Persahabatan antara DPD RI dan Senate Kamboja.

 

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Senate Kamboja yang saat ini juga menjabat acting Kepala Negara Kamboja, menyampaikan apresiasinya atas hubungan baik kedua negara, khususnya dengan peran penting Indonesia dalam mewujudkan perdamaian di Kamboja. Hubungan baik tersebut, perlu juga ditingkatkan di antara kedua lembaga legislatif dengan mengeskplorasi kesamaan potensi kedua negara seperti di sektor pertanian maupun potensi seperti budaya dan pariwisata.

 

Ketua Delegasi DPD RI, Laode Ida yang didampingi Dubes RI, Ngurah Swajaya dan 5 anggota DPD RI sepakat dengan Senat Kamboja untuk mendorong potensi kerjasama di tingkat pemerintah daerah di bidang ekonomi, sosial dan budaya serta saling dukung di berbagai forum internasional, termasuk dalam kerangka ASEAN Interparliamentary Assembly (AIPA), Asian Parliamentary Assembly (APA) maupun Inter-Parliamentary Union (IPU) .

 

Kunjungan DPD RI ke Kamboja kali ini akan juga  ditindaklanjuti dengan berbagai program tukar menukar informasi dan best practices antara kedua lembaga legislatif  guna meningkatkan kapasitas kedua lembaga tersebut.

  

Selain bertemu dengan Senate Kamboja, Delegasi DPD RI dijadwalkan akan bertemu dengan PM Hun Sen, Ketua National Assembly Heng Samrin dan berkunjung ke sentra industri pangan dan lokasi pertanian di Kamboja.