Pertemuan Para Menteri Energi ASEAN Ke - 30 dan Pertemuan Terkait lainnya di Phnom Penh, 10-13 September 2012

9/13/2012

 
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral RI, Bapak Jero Wacik, memimpin delegasi Indonesia menghadiri 30th ASEAN Ministers on Energy Meeting and Its Associated Meetings and ASEAN Energy Business Forum di Phnom Penh, Kamboja pada tanggal 10 – 13 September 2012.

 

Selain dihadiri para Menteri Energi seluruh Negara anggota ASEAN, pertemuan juga dihadiri oleh Sekretaris Jenderal ASEAN, Menteri Energi negara – negara mitra wicara ASEAN (Amerika Serikat, Australia, India, Jepang, Republik Korea, RRC, Rusia dan Selandia Baru), kalangan pengusaha sector energy dan perwakilan Organisasi Internasional (International Energy Agency/IEA, Economic Research Institute of ASEAN and East Asia/ERIA.

 

Pertemuan dibuka secara resmi oleh PM Kamboja, Hun Sen, di Kantor Perdana Menteri, Peace Palace. Dalam pidato sambutannya, PM Hun Sen menyambut hangat kehadiran dan dukungan para Menteri Energi negara - negara ASEAN, Sekretaris Jenderal ASEAN, para pengusaha di bidang energi, para Menteri Energi Mitra Wicara ASEAN serta perwakilan Organisasi Internasional. PM Hun Sen juga mengharapkan agar kerjasama di bidang energi dalam kerangka ASEAN terus dapat ditingkatkan.

 

Sebelumnya, Menteri Industri, Pertambangan dan Energi Kamboja, H. E. Suy Sem, menyampaikan laporan singkat mengenai hasil dari tindak lanjut Pertemuan Pejabat Senior Energi ASEAN dalam penerapan ASEAN Plan of Actions for Energy Cooperation 2010 – 2015.

 

Para Menteri Energi ASEAN bertekad untuk bekerjasama dan berkoordinasi dalam pengembangan ketahanan energi, peningkatan penggunaan energi terbarukan, pengembangan teknologi energi batubara yang bersih dan peningkatan pemahaman masyarakat dalam hal penggunaan energi nuklir. Para Menteri Energi juga sepakat untuk menyelenggarakan Pertemuan Menteri Energi ASEAN ke – 31 di Indonesia pada bulan September tahun 2013.