Peluang Peningkatan Kerjasama antara Jurnalis Indonesia dan Kamboja

5/22/2009

 

Kamboja mengharapkan peningkatan interaksi jurnalis Indonesia dan Kamboja melalui kegiatan pertukaran peliputan berita dan saling kunjung jurnalis kedua negara guna meningkatkan sumber pemberitaan yang akurat dan terbaru mengenai Indonesia.

Pada saat menerima kunjungan kehormatan Duta Besar LBBP RI untuk kerajaan Kamboja, Ngurah Swajaya pada 21 Mei 2009, Menteri Penerangan Kamboja H.E. Kieu Kanharith menyatakan bahwa saat ini pemerintah Kamboja sedang meningkatkan publikasi mengenai negara-negara anggota ASEAN demi menyongsong ASEAN Community pada tahun 2015. Untuk itu Menteri Penerangan mengharapkan adanya pertukaran film dokumenter dan dokumentasi foto dari Indonesia untuk acara di televisi Nasional Kamboja. 

Menteri Penerangan juga menjelaskan kebijakan Perdana Menteri Kamboja agar siaran TV Kabel Kamboja menayangkan minimal 1 siaran televisi dari negara-negara ASEAN. Saat ini Indosiar termasuk dalam siaran yang diterima melalui TV Kabel di Kamboja.

Menteri Penerangan Kamboja juga mendukung kegiatan kunjungan peliputan langsung ke Indonesia oleh media cetak dan elektronik Kamboja melalui program Familiarization Tour yang diselenggarakan KBRI Phnom Penh. Untuk tahun 2009,  direncanakan program peliputan potensi wisata dan event kebudayaan di beberapa daerah di Indonesia.

Phnom Penh, 21 Mei 2009