Sambutan Menlu RI pada Peresmian Pembukaan Perwakilan RI di Negera Sahabat dan Organsasi Internasional, Jakarta, 29 Desember 2010

12/30/2010

 

SAMBUTAN MENTERI LUAR NEGERI
REPUBLIK INDONESIA
PADA ACARA
PERESMIAN PEMBUKAAN PERWAKILAN  REPUBLIK INDONESIA DI NEGARA SAHABAT DAN ORGANISASI INTERNASIONAL

Jakarta, 29 Desember 2010

 

 

• Yang terhormat, Bapak Mahfud Shiddiq, Ketua Komisi I DPR RI;
• Yang terhormat, Bapak Alwi Shihab, Menlu RI Periode 1999-2001 dan Utusan Khusus Presiden RI untuk Timur Tengah dan OKI;
• Yang terhormat Para Duta Besar negara sahabat;
• Bapak, Ibu dan Hadirin yang berbahagia;

 

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh
Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua

 

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa. Pada hari ini kita masih diberikan rahmat dan karunia-Nya untuk secara bersama menyaksikan peresmian pembukaan 11 perwakilan Indonesia secara serentak di berbagai negara di seluruh penjuru dunia masing-masing:

 

Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk negara-negara: Azerbaijan, Bahrain, Oman, Mozambique, Panama, Ekuador, Bosnia Herzegovina, Kroasia, Kazakhstan; dan Konsulat Republik Indonesia di Tawau, Malaysia. Pemerintah Indonesia juga secara resmi membuka Perutusan Tetap Republik Indonesia untuk ASEAN yang telah aktif selama ini.


Dengan dibukanya 11 perwakilan Republik Indonesia tersebut, maka saat ini terdapat 130 perwakilan Indonesia yang  tersebar di berbagai belahan dunia - dari Panama dan Ekuador  di Tengah dan Selatan benua Amerika, hingga Bosnia dan Kroasia di Eropa Tengah; dari Mozambique di belahan Timur benua Afrika hingga Azerbaijan dan Kazakhstan di bagian Tengah  benua Asia, serta Bahrain dan Oman di kawasan Teluk.
 
Kehadiran perwakilan diplomatik termaksud tentunya merupakan salah satu bentuk konkrit kepentingan dan perhatian Indonesia di seluruh penjuru dunia;

 

Pencerminan komitmen kita sebagai bangsa untuk menjalin hubungan baik dengan negara di seluruh penjuru dunia;

 

Wujud nyata kesadaran bahwa kerjasama internasional merupakan suatu keniscayaan bagi penyelesaian berbagai masalah global dewasa ini;

 

Dan, utamanya, untuk memastikan kontribusi diplomasi dalam mencapai tujuan pembangunan nasional Indonesia dalam mendorong pertumbuhan ekonomi demi kesejahteraan rakyat, mengkonsolidasikan demokrasi dan mencapai keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

 

Bapak, Ibu dan Hadirin yang berbahagia,

 

Perwakilan Tetap Indonesia pada ASEAN akan mengkonsolidasikan kepentingan dan kepemimpinan Indonesia di ASEAN, khususnya di masa Keketuaan Indonesia tahun 2011 mendatang. Bersamaan dengan pembukaan perwakilan tetap negara-negara sahabat lainnya pada ASEAN, maka di tahun-tahun mendatang peran dan kontribusi kota Jakarta sebagai diplomatic capital atau hub di kawasan akan semakin menonjol.

 

Sementara itu, kehadiran perwakilan RI di Khazakhstan dan Azerbaijan akan mempertajam kemampuan Indonesia untuk mengidentifikasi dan memanfaatkan berbagai peluang yang terbentang di kawasan Asia Tengah. Sebagai kawasan dengan salah satu sumber cadangan energi terbesar di dunia misalnya, kerjasama di bidang energi dengan negara di kawasan tersebut memiliki arti penting dalam mengatasi masalah keamanan energi (energy security) yang kini menjadi perhatian bersama masyarakat internasional.

 

Keberadaan perwakilan RI di Oman dan Bahrain akan semakin memperkokoh hubungan erat yang telah berkembang selama ini antara Indonesia dengan negara-negara di kawasan Teluk. Suatu kawasan yang semakin menunjukkan dinamisme yang tinggi sebagai sentra ekonomi dan investasi, serta hub perhubungan yang penting ke berbagai kawasan di dunia.

 

Juga tanpa kecuali, kemampuan untuk mengoptimalkan perlindungan WNI menjadi salah satu prioritas utama pembukaan setiap Perwakilan RI. Hal ini juga menjadi dasar bagi pembukaan Konsulat Republik Indonesia di Tawau, Malaysia.

 

Pembukaan perwakilan Indonesia di Bosnia Herzegovina, Kroasia, Panama dan Ekuador serta Mozambique, juga memiliki arti penting.

 

Pembukaan perwakilan Indonesia di kawasan Eropa Tengah, Amerika Tengah dan Selatan, serta Afrika Timur tersebut membuka peluang untuk menembus pasar non tradisional Indonesia di kawasan dimaksud.

 

Dan tidak kalah penting, pembukaan ke-11 perwakilan tersebut akan menjadi pendorong utama dalam membangun hubungan antar masyarakat (people to people relations). Termasuk melalui promosi pariwisata.

 

Dimensi dimaksud merupakan fondasi penting dalam setiap hubungan antar bangsa.

 

Tentunya, keberadaan perwakilan RI tersebut juga sejalan dengan komitmen untuk meningkatkan kerjasama pada berbagai forum multilateral- dalam kerangka PBB, OKI, G-77 maupun Gerakan Non Blok misalnya.

 

Bapak, Ibu dan hadirin yang berbahagia,

 

Revolusi teknologi komunikasi dan informasi telah membuat dunia seakan menjadi global village.

 

Kejadian yang terjadi diberbagai belahan dunia lain di era saat ini dapat diketahui dan diikuti secara langsung pada saat yang hampir bersamaan.

 

Era 24/7 news cycle.

 

Suatu kondisi yang dapat menciptakan paradox of plenty.

Suatu kondisi yang ditandai bukan oleh kurangnya informasi melainkan oleh proliferasi informasi, baik dari segi sumber maupun bentuk.

 

Hal ini menuntut kemampuan untuk menganalisa secara tajam dan tepat waktu makna dan arti setiap informasi; membedakan antara background noise dan actionable information; mengidentifikasi kemungkinan tantangan dan, tidak kalah penting, peluang.

 

Dengan perkataan lain, di tengah revolusi bidang komunikasi tersebut, keberadaan suatu perwakilan diplomatik tetap merupakan suatu keniscayaan.

 

Bapak, Ibu dan hadirin yang berbahagia,

 

Sebelum kami mengakhiri sambutan ini, perkenankan kami, atas nama pribadi dan Pemerintah Indonesia menyampaikan penghargaan atas segala kerjasama dan sumbangsih yang telah diberikan oleh pemerintah negara-negara sahabat dan pihak terkait lainnya khususnya Ketua Komisi DPR RI dan parlemen sehingga pembukaan perwakilan baru ini dapat terwujud.

 

Selanjutnya, dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim dan seraya mengharapkan keridhoaan-Nya, maka diresmikan pembukaan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Azerbaijan, Bahrain, Oman, Mozambique, Panama, Ekuador, Bosnia Herzegovina, Kroasia, Kazakhstan dan pembukaan Konsulat Republik Indonesia di Tawau, Malaysia, serta pembukaan Perutusan Tetap Republik  Indonesia untuk ASEAN di Jakarta, Indonesia.

 

Sekian dan Terima Kasih
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.