Penyampaian Informasi Terkait Hilangnya Pesawat MH370

3/27/2014

 

?KONSULAT JENDERAL REPUBLIK INDONESIA CONSULATE GENERAL OF THE REPUBLIC OF INDONESIA

134 Adelaide Terrace East Perth, WA 6004

 

PENYAMPAIAN INFORMASI

TERKAIT HILANGNYA PESAWAT MH370

 

Dengan hormat, diberitahukan kepada masyarakat Indonesia yang berada di Western Australia hal-hal sebagai berikut:

 

1. Seperti kita maklumi bersama bahwa pesawat MH370 yang lepas landas dari Kuala Lumpur menuju Beijing pada 8 Maret 2014 telah dinyatakan hilang dan diduga jatuh di Samudera Hindia. Pesawat tersebut membawa 227 penumpang dan 12 awak pesawat. Menurut informasi, diantara penumpang dimaksud, terdapat 7 (tujuh) Warga Negara Indonesia.

 

2. Sebagaimana telah diketahui bersama, pemerintah Australia telah bertindak sebagai koordinator operasi pencarian dan penyelamatan di koridor Selatan. Operasi pencarian sedang berlangsung dan sampai saat ini sebanyak 6 (enam) negara telah terlibat membantu operasi pencarian dan penyelamatan tersebut. Operasi pencarian dan penyelamatan berjarak sekitar 2.000 kilometer di sebelah barat daya Perth, Western Australia.

 

3. Hingga pemberitahuan ini kami sampaikan, pesawat-pesawat dan kapal yang dikerahkan ke lokasi pencarian yang diduga terdapat objek terkait dengan pesawat MH370, tengah berupaya untuk menemukan dan mengamankan objek-objek tersebut. Objek dimaksud nantinya akan diidentifikasi sampai dapat dibuktikan sebagai bagian dari pesawat MH370. Hasil pembuktian dan berita mengenai kepastian keberadaan pesawat MH370 selanjutnya akan diumumkan pemerintah Australia.

 

4. Sementara operasi pencarian terus berlangsung, KJRI Perth telah mengadakan serangkaian koordinasi dengan instansi terkait di Indonesia serta instansi pemerintah Australia di Perth, Canberra serta Konsulat Jenderal Malaysia di Perth. Koordinasi ini diperlukan dalam rangka perlindungan bagi Warga Negara Indonesia yang terdaftar sebagai penumpang dalam pesawat tersebut serta mengantisipasi kedatangan keluarga penumpang yang akan berkunjung ke Perth, apabila kepastian tentang musibah tersebut telah memperoleh kejelasan.

 

5. Sehubungan dengan hal-hal dimaksud, dimohon kepada seluruh warga Indonesia yang berada di Western Australia untuk memberikan dukungan doa bagi keberhasilan operasi tersebut. Sekiranya kemudian diperlukan dukungan dan rasa simpati masyarakat Indonesia di Perth bagi penumpang dan keluarga penumpang MH370 apabila mereka datang ke Perth, maka KJRI akan memberitahukan pada kesempatan pertama.

 

6. KJRI mengucapkan terima kasih atas perhatian, doa, dukungan dan kerja sama yang diberikan oleh masyarakat Indonesia di seluruh Western Australia dalam peristiwa ini.

 

7. Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi Email contact@kjri-perth.or.au atau Telp. 0499 772 978.

 

Perth, 26 Maret 2014