HIMBAUAN : Peningkatan Kewaspadaan atas Bahaya Kebakaran di Australia Barat

1/8/2016

​HIMBAUAN

Nomor: 003/KONSULER/I/2016

TENTANG

PENINGKATAN KEWASPADAAN ATAS BAHAYA KEBAKARAN

DI AUSTRALIA BARAT

Seperti kita maklumi bersama bahwa selama musim kemarau yang telah berlangsung sejak akhir tahun 2015, sejumlah peristiwa kebakaran hutan/lahan telah terjadi di daerah yang tidak terlalu jauh dari Perth seperti Waroona, Harvey, Lake Clifton dan Preston Beach. Sesuai berita yang diperoleh, kebakaran yang dipicu oleh cuaca yang sangat panas dan badai petir sejak Kamis dini hari tersebut telah mengakibatkan kerusakan atas sedikitnya 90 rumah penduduk, 29.000 hektar lahan serta sejumlah fasilitas umum (jalan, jembatan, kantor pos, sekolah, dan kantor polisi).

KJRI telah menghubungi beberapa warga Indonesia yang bertempat tinggal di sekitar dan di daerah bencana dan saat ini (8 Januari 2016) mereka dalam keadaan sehat serta beberapa menginap di beberapa tempat yang aman di luar daerah bencana, meskipun belum diperkenankan pulang oleh aparat terkait ke rumah masing-masing.

Sehubungan dengan itu, KJRI Perth menghimbau seluruh masyarakat Indonesia untuk:

  • Meningkatkan kewaspadaan atas bahaya kebakaran serta memantau dan mentaati peringatan yang disampaikan oleh Department of Fire & Emergency Service (DFES) Western Australia dan instansi pemerintah WA terkait lainnya.
  • Kontak DFES : www.dfes.wa.gov.au call 13 DFES (13 3337), follow DFES on Twitter @dfes_wa, listen to ABC local radio, 6PR or news bulletin.
  • Saling memberikan informasi satu sama lain apabila ada masyarakat yang terkena musibah kebakaran tersebut. Informasi tersebut dapat pula disampaikan kepada KJRI Perth melalui email:contact@kjri-perth.org.au atau mobile phone: 0499 772 978

Atas perhatian dan kerjasama seluruh masyarakat Indonesia, diucapkan terima kasih.

 

Perth, 8 Januari 2016