Pembentukan AITTIA

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pada tanggal 25 Januari 2011, secara resmi telah terbentuk Australia Indonesia Trade, Tourism, and Investment Association Inc. (AITTIA), di Perth, Australia Barat. Acara dihadiri oleh Dr. Kim Hames, (Deputy Premier, Minister for Health and Tourism), perwakilan BKPM di Sydney (Aloysia Endang W.), Vice National President Australia Indonesia Busines Council, Ross Taylor, pengusaha Indonesia dan Australia, tokoh masyarakat, dan pelajar Indonesia di Perth. AITTIA terbentuk atas inisiatif sendiri dari warga Indonesia yang berusaha di bidang perdagangan, turisme, dan investasi.

Dalam pidatonya,Presiden AITTIA, Syahrul Tahir (yang juga General Manager Garuda Indonesia di Perth), menyampaikan bahwa diharapkan AITTIA akan menjadi wadah bagi pengusaha Indonesia dan Australia untuk meningkatkan business-to-business contacts. Dalam kesempatan tersebut, Konjen RI Perth juga menyampaikan bahwa sebagai perwakilan resmi pemerintah Indonesia di Negara Bagian Australia Barat, KJRI Perth akan memberikan dukungan kepada semua pihak yang bertujuan mempromosikan Indonesia, khususnya di wilayah akreditasi, apakah organisasi tersebut dibentuk oleh masyarakat Indonesia maupun Australia. Konjen RI Perth juga menyampaikan harapan agar AITTIA dapat membantu mempererat hubungan Indonesia dan Australia, khususnya dengan Negara Bagian Australia Barat. Perwakilan BKPM menyampaikan pentingnya hubungan Indonesia dan Australia, dan mengharapkan AITTIA dapat bersinergi dengan organisasi-organisasi lain yang berorientasi memajukan investasi di masing-masing negara. Dalam kesempatan tersebut, Kim Hames menerangkan bahwa asosiasi yang baru saja berdiri ini akan sangat bermanfaat bagi hubungan Indonesia dan Australia, dan asosiasi ini mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah Australia. Dalam kapasitasnya selaku perwakilan pemerintah Australia, terkait dengan pemberitaan di media yang menyudutkan wisata ke Bali yang dilakukan oleh Biro Turisme Margaret River akhir-akhir ini, disampaikan bahwa pernyataan tersebut adalah “a silly way” dalam mempromosikan tujuan wisata Margaret River. Pemerintah Australia ingin mendorong potensi kerjasama saling berkunjung yang lebih erat antara tujuan ke Indonesia (bagi wisatawan Australia) dan tujuan wisata ke Australia (bagi wisatawan Indonesia).

AITTIA terbentuk atas prakarsa para pengusaha Indonesia di Australia Barat sendiri yang berkeinginan untuk memajukan perdagangan, pariwisata, dan investasi Indonesia di Australia.