Mengatasi Tantangan Terjemahkan Apa Itu “Visi Masyarakat ASEAN”

3/27/2015

 

?Salah satu tantangan yang dihadapi ASEAN adalah bagaimana membuat Visi Masyarakat ASEAN yang memberikan manfaat langsung dan mudah dipahami oleh rakyat. Tantangan inilah yang dicoba dijawab pada Pertemuan kedua High Level Task Force (HLTF) on ASEAN Community’s Post-2015 dalam menyusun konsep Visi Masyarakat ASEAN 2025 (16-19/3)

Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri RI, I Gusti Agung Wesaka Puja, selaku Wakil Indonesia untuk HLTF, menyampaikan pentingnya membuat rumusan Visi dengan bahasa yang lebih ringkas dan sederhana sehingga Visi Masyarakat ASEAN 2025 ini lebih mudah dipahami masyarakat umum.
 
Selama empat hari Pertemuan, selain membahas pokok-pokok Visi Masyarakat ASEAN 2025, HLTF juga tengah menyusun langkah-langkah aksi di Komunitas Politik dan Keamanan. Selain itu, mengingat pentingnya visi ini dipahami oleh masyarakat, upaya yang sistematis untuk meningkatan kesadaran dan pemahaman masyarakat terhadap ASEAN, terutama di kalangan mudA jelas penting sekali.

Terkait hal ini, Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN menyampaikan best practice dari Pemerintah Indonesia dalam mensosialisasikan ASEAN di kalangan pelajar melalui program ASEAN Goes to School yang telah dilaksanakan selama 10 tahun terakhir.
 
Penyusunan Visi Masyarakat ASEAN 2025 merupakan agenda utama ASEAN pada tahun 2015 yang diarahkan untuk mempersiapkan ASEAN dalam menghadapai berbagai tantangan dan memanfaatkan peluang pada tataran regional dan global untuk satu dekade mendatang setelah pembentukan Masyarakat ASEAN secara resmi pada akhir Desember 2015. ASEAN diharapkan akan semakin mapan dan memberikan kemakmuran bagi rakyat.