WNI Apresiasi Kunjungan KJRI Penang di Ladang

Sejalan dengan langkah peningkatan kualitas pelayanan serta perlindungan terhadap WNI dan BHI di wilayah Penang, Kedah dan Perlis – Malaysia, salah satu program KJRI Penang melalui Fungsi Konsuler adalah memastikan bahwa setiap WNI yang bekerja pada majikan dipekerjakan secara baik dan sesuai dengan aturan hukum yang berlaku di Malaysia.


Untuk itu, pada tanggal 5 November 2015, Satgas Citizens Service KJRI Penang melakukan kunjungan pemantauan kondisi pekerja asal Indonesia ke Bukit Sidim Estate Koperasi NLFCS, Kulim, Kedah Darul Aman, Malaysia.

Kunjungan tersebut disambut hangat Warga Negara Indonesia yang menjadi bagian dari pekerja di sana.

"Pertemuan didahului dengan sambutan dari Assistant Manager yang menyampaikan apresiasi atas perhatian KJRI Penang terhadap para WNI yang bekerja di ladang, selanjutnya yang bersangkutan menyampaikan paparan yang memuat informasi terkait keadaan dan fasilitas yang diberikan kepada para pekerja," kata Neni Kurniati, Konsuler II KJRI Penang.

Dia menjelaskan, guna memastikan secara langsung keadaan para pekerja, Satgas bertemu langsung dengan  para pekerja Indonesia yang saat itu berada di perumahan  yang terletak di dalam ladang. Konjen RI menyampaikan bahwa kunjungan ini merupakan salah satu bentuk perhatian dan perlindungan pemerintah Indonesia kepada warganya yang bekerja di luar negeri dan meminta agar para WNI dapat senantiasa menjaga persatuan dan kerukunan selama bekerja. Konjen RI juga menghimbau pihak Perusahaan agar mengikuti semua prosedur dalam kontrak kerja sesuai dengan Undang-Undang dan peraturan yang berlaku di Malaysia

Pelaksanaan kegiatan berlangsung secara tertib dan lancar, baik para pekerja maupun pihak Perusahaan menyampaikan apresiasi atas perhatian yang diberikan oleh KJRI Penang.​