TERUS LAKUKAN PROMOSI PARIWISATA - KJRI PENANG SELENGGARAKAN PULAU PINANG - ACEH TOURISM GATHERING

Dalam rangka terus menerus mengupayakan peningkatan kunjunganan wisatawan Malaysia ke Indonesia, Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Penang bekerjasama dengan Pemda Aceh dan Firefly telah sukses menyelenggarakan Pulau Pinang-Aceh Tourism Gathering di Penang tanggal 15 Oktober 2015.

Pertemuan dibuka oleh Konjen RI Penang dan dihadiri oleh 42 pelaku wisata di Aceh dan wilayah Utara Malaysia. Antusiasme para peserta sangat tinggi yang antara terlihat dari kehadiran beberapa peserta dari wilayah lain Ipoh, Perak dan Kuala Lumpur.

Pada kesempatan tersebut, Konjen RI Penang antara lain mengemukakan bahwa pertemuan para pelaku wisata ini diharapkan dapat memberikan informasi terkini secara langsung mengenai obyek-obyek wisata di Aceh dan kondisi terkini di Aceh sehingga akan dapat meningkatkan people to people contact dan kunjungan wisatawan dari wilayah Utara Malaysia ke Aceh.

Pemda Aceh telah memberikan informasi secara utuh mengenai berbagai obyek wisata Aceh mencakup wisata alam, wisata budaya, wisata Tsunami dan special interest tourism. Kondisi Aceh saat ini sangat kondusif dan sudah pulih kembali akibat bencana Tsunami, bahkan kondisi infrastruktur sudah lebih baik dibanding sebelum terjadinya bencana dimaksud. Pada kesempatan tersebut pemilik Pulau Weh Resort yang berkewarganegaraan Malaysia juga telah memberikan Testimony mengenai investasinya di Aceh dan prospek pariwisata Aceh.

Pada sesi Business to Business dalam rangka pertemuan tersebut, para pelaku wisata telah saling berinteraksi secara intensif mengenai produk-produk wisata yang ditawarkan oleh pelaku wisata Aceh. Disamping itu, para pelaku wisata sepakat terhadap usulan pembentukan Konsorsium untuk mempromosikan Aceh dengan pendanaan bersama.  Media dan Fam trip  juga disepakati untuk dilakukan dalam waktu dekat.​